Breaking News
---

PKB Buka Peluang Anies-Kaesang untuk Pilgub DKI

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jakarta resmi mengusulkan Anies Baswedan maju Pilgub Jakarta. Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas menyatakan siap membuka peluang berkoalisi dengan partai politk lain dalam mengusung Anies menuju Jakarta 1.

Foto : Anis Baswedan

Terkait pernyataan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang mengaku tak masalah jika dipasangkan dengan Anies. Hasballah mengatakan bahwa pihaknya terbuka dengan siapa saja yang ingin menjadi bakal calon wakil gubernur, termasuk dengan Kaesang. 

“Tapi hanya wakil loh ya. Apalagi kalu masih muda, masih perlu pengalaman," kata Hasbiallah Ilyas, Rabu (12/6/2024).

Hasballah juga mengaku setelah deklarasi Anies sudah berkomuniaksi juga dengan salah petinggi DPP PDIP. Dimana PDIP belakangan memasukan nama Anies menjadi salah satu kandidat calon gubernur yang diajukan DPW PDIP Jakarta ke Megawati Soekarno Puteri. 

Hasballah menyebut, tidak menutup kemungkinan juga akan berkomunikasi secara formal antar partai politik, termasuk dengan PKS. Ia juga mengatakan, Anies telah mendaftar dan pihaknya telah melakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK). 

Proses UKK tersebut dilakukan pada Kamis (6/6). Pencalonan Anies oleh DPW PKB, katanya, berdasarkan suara dari arus bawah dan masyarakat yang menilai kinerja Anies saat menjabat sebagai Gubernur Jakarta cukup memuaskan.

"Tidak mungkin DPW PKB mengusulkan Anies tanpa mendengar aspirasi dari masyarakat. Ketua Umum kami Cak Imin orang yang demokratis tentu juga akan mendukung usulan dan aspirasi dari DPW PKB Jakarta," ujarnya.

DPW PKB juga, katanya, mendengarkan aspirasi dari tingkat ranting PAC dan DPC. Akhirnya pada 8-9 Juni digelarlah rapat kerja desk pilkada Jakarta di kawasan Puncak, Bogor, Jabar, untuk menentukan calon.

"Secara bulat, DPW PKB Jakarta memutuskan Anies Baswedan, Jadi ia menjadi calon tunggal untuk Pilkada Gubernur Jakarta periode 2024-2029," ucapnya.

Mengenai sejumlah nama yang beredar dan sudah disebut-sebut oleh Partai Gerindra dan Partai Golkar, yakni Ridwan Kamil, Hasbiallah menyebut tak ada masalah. "Siapapun boleh maju, tapi kami yakin Anies akan memenangkan kontestasi," kata Hasballah lagi.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan