Breaking News
---

Politisi PDIP Didukung Pemulung untuk Maju Pilgub Jabar

Politisi PDI Perjuangan, Ono Surono, mendapat dukungan dari para pemulung untuk menjadi kandidat Gubernur Jawa Barat periode 2024-2029. Dukungan tersebut disampaikan langsung di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi, Minggu (23/6/2024).

Politisi PDIP Didukung Pemulung untuk Maju Pilgub Jabar

Ketua Umum Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), Pris Polly Lengkong, mengatakan dukungan diberi karena komitmennya kepada para pemulung. Hal ini dibuktikan dengan posisi Ono sebagai Ketua Dewan Pembina IPI.

"Beliau adalah bagian dari kami," ujarnya. Karena itu, Pris menambahkan pihaknya mendukung penuh Ono untuk maju pada kontestasi Pilgub Jabar 2024.

Menurut dia, jumlah pemulung di seluruh Provinsi Jabar mencapai 1,9 juta orang. "Ini yang terbesar di Indonesia dan menjadi kekuatan potensial," katanya.

Pris berharap Ono dapat memperjuangan nasib kaum pemilih jika terpilih menjadi Gubernur Jabar. Salah satunya dengan memastikan bahwa pemulung mendapatkan pengakuan dan perlindungan pemerintah.

"Kami ini bukan kriminal, tetapi kami susah sekali menjalankan aktivitas," ujarnya. Pris mengakui bahwa pemulung kerap diusir ketika masuk tempat pembuangan sampah meski mereka tidak mencuri.

Sementara itu, Ono Surono menyatakan siap memperjuangkan nasib pemulung menjadi profesi yang diakui. "Saya ingin pemulung bisa dicatat pada kolom pekerjaan dalam identitas kependudukan," ucapnya. 

Menurut Ono, selama ini profesi pemulung masih dianggap negatif meski jadi sesuatu yang menjanjikan secara ekonomi. "Tidak banyak orang mengetahui kalau banyak pemulung yang pendapatannya setara atau bahkan melebihi UMR," ujarnya.

Saat ini, Ono Surono menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar. Dia juga tercatat sebagai anggota DPR Periode 2019-2024.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan