Breaking News
---

Sebanyak 5.135 Mahasiswa Jalur SNBT Diterima di UPI

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menerima sebanyak 5.135 mahasiswa baru pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024. Adapun jumlah yang mendaftar pada jalur SNBT di UPI sebanyak 55.801 orang. Jumlah pendaftar dan peserta yang diterima di UPI mengalami peningkatan dari Tahun sebelumnya. 

Sebanyak 5.135 Mahasiswa Jalur SNBT Diterima di UPI

UPI meraih peringkat 5 (lima) terbanyak secara nasional di Indonesia dengan menerima sebanyak 5.135 mahasiswa pada jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) dari 20 PTN terbanyak dari total peserta yang dinyatakan lulus SNBP 2023 pada 137 PTN yang tediri dari 75 PTN (universitas/institute), 44 PTN Vokasi, 24 PTKIN (UIN) se Indonesia.

“Jumlah pendaftar dan peserta jalur SNBT yang diterima di UPI mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,” ungkap Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru pada Direktorat Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Ahmad Mudzakir, Jumat (14/6/2024).

Selain itu, UPI meraih peringkat 11 (sebelas) tertinggi secara nasional di Indonesia sebanyak 1.741 peserta penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) per PTN dari 20 (dua puluh) terbanyak dari total peserta. KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan. 

"Jumlah peserta yang meraih Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) di Universitas Pendidikan Indonesia mengalami peningkatan dari Tahun sebelumnya," tambahnya.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Jalur SNBT Tahun 2024 dan sudah melakukan pendaftaran ulang tidak dapat diterima pada Seleksi Mandiri Tahun 2024 di Universitas Pendidikan Indonesia. Pengumuman hasil seleksi jalur SNBT 2024 disampaikan melalui laman utama pengumuman hasil seleksi jalur SNBT 2024, yaitu https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. 

Pengumuman dapat diakses dengan memasukkan 12-digit Nomor Peserta SNBT 2024 dan Tanggal Lahir serta mengeklik check box pernyataan “Dengan ini saya menyatakan bahwa apabila di  kemudian hari ditemukan kecurangan yang saya lakukan dalam SNBT 2024, maka status penerimaan  saya dibatalkan.

Sementara itu, peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Jalur SNBT Tahun 2024 sebagaimana dimaksud dalam keputusan yang dipublikasikan melalui SIARAN PERS SNPMB Nomor 06/sipers/snpmb/VI/2024 Tentang Pengumuman Hasil SNBT 2024 tersebut agar melakukan pengecekan jadwal pendaftaran ulang calon mahasiswa baru serta wajib melihat syarat, ketentuan dan jadwal registrasi (daftar ulang) yang dapat dilihat melalui laman : http://pmb.upi.edu/ serta laman http://app.pmb.upi.edu:8080/snbp/beranda.

Pada verifikasi data akademik dan registrasi ulang, peserta yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBT wajib memenuhi ketentuan, yaitu menunjukkan rapor asli, ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL) asli, dan persyaratan lain yang ditetapkan oleh PTN yang dituju. 

Bagi peserta lulus Seleksi Jalur SNBT Tahun 2024 yang melamar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah), selain verifikasi data akademik, juga akan dilakukan verifikasi data ekonomi berdasarkan dokumen dan atau kunjungan ke alamat tinggal peserta.  

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan