Breaking News
---

Tak Disangka, Ini Biji Jali yang Ternyata Banyak Manfaatnya

Jali merupakan salah satu tanaman dari kelompok biji-bijian yang termasuk dalam famili rumput (Poaceae). Meski jarang terdengar, tanaman ini sudah sejak lama dijadikan bahan pengobatan tradisional Tiongkok. Hal ini berkat berbagai kandungan senyawa dan nutrisi penting di dalamnya, termasuk antioksidan.

Tak Disangka, Ini Biji Jali yang Ternyata Banyak Manfaatnya

Namun, tanaman yang mampu hidup di lingkungan kurang subur ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol hingga mengatasi sembelit. Untuk mendapatkan manfaat jali bagi kesehatan, Anda bisa memasukkannya ke dalam menu makanan sehari-hari.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (4/6/24), berikut sederet manfaat jali bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Jali mengandung serat larut yang dapat menghasilkan zat di usus guna memerangkap lemak dan mengurangi kadar kolesterol. Selain serat larut, protein yang terkandung pada jali juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

Hal ini selaras dengan sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kedua kandungan tersebut efektif menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan hormon yang memiliki efek antiradang guna mendukung kesehatan jantung.

2. Menurunkan risiko terkena diabetes

Jali kaya akan serat dan polisakarida non pati yang dapat mengontrol kadar gula darah. Tak hanya itu, biji-bijian ini memiliki angka indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Dengan begitu, risiko terkena penyakit diabetes berkurang.

3. Mengatasi sembelit

Tak hanya menurunkan berat badan, kandungan serat dalam jali juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit. Serat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, meningkatkan ukuran tinja, hingga melunakkan tinja. Dengan begitu, buang air besar menjadi lancar.

4. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat jali untuk kesehatan adalah menurunkan berat badan. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan serat larut dalam jali yang dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan terkontrol dan mendukung program penurunan berat badan.

5. Mengurangi peradangan

Manfaat jali yang tidak kalah penting lainnya adalah mengurangi peradangan pada tubuh. Pasalnya, jali termasuk biji-bijian yang mengandung senyawa antioksidan fenolik.

Senyawa tersebut bermanfaat untuk mencegah tubuh terpapar radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, hingga kanker.

6. Menyehatkan untuk penderita penyakit celiac

Penyakit celiac merupakan penyakit yang terjadi akibat reaksi tubuh yang berlebihan setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan gluten. Gluten adalah protein yang kerap ditemukan dalam makanan tertentu, seperti gandum, roti, dan pasta.

Protein ini bisa merusak lapisan pada usus dan mengurangi fungsinya dalam menyerap nutrisi. Meskipun tergolong biji-bijian, jali diketahui bebas kandungan gluten dan mengandung serat larut yang bagus untuk menyehatkan saluran pencernaan.

7. Meningkatkan energi tubuh

Mengonsumsi jali secara rutin dapat meningkatkan energi atau stamina dalam tubuh. Hal ini karena jali mengandung karbohidrat yang akan dipecah menjadi glukosa sebelum masuk ke aliran darah. Glukosa yang diserap oleh sel tubuh akan diolah menjadi sumber energi.

Tak hanya itu, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3 yang terkandung dalam jali juga berperan aktif dalam meningkatkan energi dalam tubuh.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan