Breaking News
---

Tak Hanya Wangi, Ini Sederet Khasiat Minyak Nilam bagi Tubuh

Minyak nilam dikenal juga sebagai patchouli oil. Aroma minyak nilam digambarkan seperti wangi kayu yang ringan dengan sedikit sentuhan manis dan pedas. Karena aromanya yang unik, minyak nilam umum digunakan sebagai bahan tambahan pewangi pada beberapa produk, seperti parfum, kosmetik, dan produk perawatan kulit.


Tak Hanya Wangi, Ini Sederet Khasiat Minyak Nilam bagi Tubuh

Minyak nilam diketahui memiliki komponen bioaktif yang bersifat antiradang, antinyeri, antivirus, antidepresan, dan antimikroba yang berguna dalam mengatasi berbagai keluhan.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (3/6/24), berikut sederet manfaat minyak nilam yang ternyata dahsyat bagi kesehatan, antara lain:

1. Meredakan gejala masuk angin

Masuk angin disebabkan oleh tubuh yang kedinginan atau bisa juga karena telat makan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan perut kembung, meriang, nyeri otot, sakit kepala, atau merasa tidak enak badan.

Mengoleskan minyak nilam ke kulit, terutama bagian perut dan dada, bisa meredakan berbagai gejala masuk angin. Aroma khasnya yang lembut, menenangkan, dan pedas mampu menghangatkan tubuh dan membuat tubuh lebih relaks. Dengan begitu, ketidaknyamanan akibat masuk angin pun bisa teralihkan.

2. Mengatasi hidung tersumbat

Hidung tersumbat saat pilek tentu bisa mengganggu kenyamanan sehari-hari. Karena keluhan ini, napas menjadi terhalang dan sering kali menyebabkan sulit tidur di malam hari.

Ada banyak cara mengatasi pilek, salah satunya dengan menghirup minyak esensial, seperti minyak nilam. Penggunaan minyak nilam sebagai aromaterapi atau inhaler alami ini dapat melegakan napas, mengatasi hidung tersumbat, sekaligus memberi sensasi kehangatan dan kenyamanan bagi tubuh.

Tak hanya itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa komponen antivirus pada minyak nilam dapat melawan virus penyebab flu. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat minyak nilam untuk mengobati flu pada manusia.

3. Merawat kulit kering dan berjerawat

Minyak nilam juga sering dicampurkan ke dalam produk perawatan kulit. Minyak esensial ini bermanfaat untuk melembapkan kulit dan cocok digunakan untuk merawat kulit kering. Selain itu, sifat antiradang pada minyak nilam juga dapat meredakan jerawat dan kemerahan di kulit.

Guna memperoleh manfaat minyak nilam untuk kulit yang aman dan maksimal, sebaiknya jangan langsung mengoleskannya ke kulit karena khawatir menyebabkan reaksi alergi. Minyak esensial apa pun yang digunakan secara topikal perlu diencerkan dengan carrier oil, seperti minyak jojoba atau minyak alpukat.

Agar aman dan praktis, sebaiknya pilihlah produk perawatan kulit yang memang telah memiliki kandungan minyak nilam.

4. Menyamarkan kerutan di kulit

Penggunaan produk perawatan kulit dengan kandungan minyak nilam secara rutin juga dapat menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit, seperti keriput dan garis-garis halus, sehingga kulit tampak kencang dan awet muda. Menurut penelitian, manfaat ini diperoleh karena minyak nilam dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Namun, penelitian yang membahas tentang manfaat minyak nilam untuk mencegah atau mengatasi penuaan kulit masih terbatas pada hewan.

5. Mengatasi ketombe dan merawat rambut berminyak

Tak hanya untuk kulit, minyak nilam juga bermanfaat bagi kesehatan rambut. Menambahkan beberapa tetes minyak nilam ke sampo atau kondisioner dapat mengurangi ketombe, menyeimbangkan kelembapan rambut, bahkan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Minyak ini juga bisa digunakan langsung untuk memijat kulit kepala guna meningkatkan kesehatan kulit kepala sekaligus meredakan nyeri kepala. Namun, jangan lupa untuk mengencerkan minyak nilam dengan carrier oil terlebih dahulu sebelum mengoleskannya ke kulit kepala.

6. Meredakan stres dan cemas

Stres dan cemas adalah keluhan yang tidak bisa dihindari di dalam kehidupan sehari-hari. Agar pikiran dan tubuh lebih relaks, cobalah hirup aroma minyak nilam yang menenangkan sekaligus menyegarkan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak nilam dapat mengurangi stres, cemas, bahkan depresi dengan cara menenangkan sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin. Dopamin adalah hormon yang bertanggung jawab dalam melawan stres dan meningkatkan suasana hati.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan