Breaking News
---

5 Pekerja Pabrik Pupuk di Karawang Diduga Keracunan: 4 Tewas, 1 Kritis

Sebanyak 5 pekerja PT Multidaya Putra Sejahtera (MPS) di Desa Karyasari, Kecamatan Rengasdengklok, Karawang diduga keracunan gas hingga menyebabkan 4 di antaranya tewas.

5 Pekerja Pabrik Pupuk di Karawang Diduga Keracunan: 4 Tewas, 1 Kritis

Keempat korban tewas itu diketahui bernama Asep Kohar (51), Marsidi (34), Nana Mulyana (42) dan Husni Saepul (44). Adapun 1 orang lainnya, Didu (34) dalam kondisi kritis.

Wawan Sutisna, saksi mata di lokasi kejadian menyebutkan, PT MPS merupakan perusahaan produsen pupuk organik cair.

Peristiwa itu berawal saat ketiga korban sedang membersihkan toren limbah pupuk di dalam pabrik pada Selasa (2/6) sekitar pukul 10.00 WIB. Namun ketika itu, mereka mengeluh kesulitan bernapas hingga tiba-tiba jatuh pingsan.

Dua pekerja lain yang melihat kejadian itu lalu berusaha menolong. Namun nahas, keduanya malah ikut menjadi korban.

“Karena bau, mungkin karena bekas cairan nitrogen kali, dan dua orang yang mau nolong temennya malah ikut jadi korban,” katanya.

Bupati Karawang, Aep Syaepuloh datang ke lokasi setelah mendapat laporan ada pekerja tewas di pabrik tersebut.

Aep bilang, para korban tewas sudah dievakuasi, sementara satu korban kritis dilarikan ke RS Proklamasi untuk mendapatkan perawatan.

Dia juga memerintahkan aparat terkait untuk menutup sementara operasional pabrik. “Sedang diperiksa terkait perizinan dan lainnya oleh Dinas Tenaga Kerja,” katanya.

Sementara itu, pihak kepolisian mengaku masih mendalami peristiwa tersebut dengan memeriksa saksi-saksi terkait.

Polisi belum menyimpulkan apakah ada dugaan kelalaian keselamatan kerja atau pun lainnya terkait peristiwa itu. “Kami masih meminta keterangan sejumlah saksi,” kata Humas Polsek Rengasdengklok, Ipda Suprianto.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan