Breaking News
---

Asam Urat, Ini Rekomendasi Obat Alaminya

Asam urat merupakan salah satu penyakit radang sendi yang terjadi ketika kadar asam urat tinggi dalam darah. Kondisi ini biasanya menyebabkan kristal terbentuk dan menumpuk di dalam dan sekitar sendi. 

Asam Urat, Ini Rekomendasi Obat Alaminya

Bahkan, asam urat diproduksi ketika tubuh memecah kimia yang disebut purin. Oleh karena itu bagi pengidap asam urat, anda sangat perlu minuman herbal untuk mencegah gejala, jangan obat terus menerus.

Berikut beberapa obat asam urat alami yang membantu mengatasi penyakit asam urat. Dirangkum Halodoc dan beberapa sumber, di antaranya:

1. Ceri atau jus ceri asam

Obat alami pertama yakni, mengonsumsi ceri dan minum jus ceri. Hal itu dapat membantu menurunkan kadar asam urat pada pengidap asam urat.

Meski begitu, masih perlu studi lebih lanjut untuk menentukan efek jangka panjang dari asupan ceri pada kadar asam urat.  7 buah ceri mengandung anthocyanin, antioksidan, senyawa anti-inflamasi yang memberi warna merah.

Senyawa tersebut juga merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadikan ceri sebagai camilan atau jus tanpa pemanis tambahan. 

2. Jahe

Makanan sehat seperti jahe merupakan rempah-rempah yang sering diresepkan untuk kondisi peradangan. Khasiatnya untuk membantu mengatasi penyakit asam urat juga sudah tercatat.

Diketahui bahwa jahe merah memiliki volatile oil dan non-volatile oil yang dapat menurunkan kadar asam urat darah. Selain itu, jahe merah juga dapat meredakan nyeri karena penghambatan pada jalur siklo oksigenase sehingga prostaglandin dapat dihambat.

Oleh karena itu, jahe bisa membantu anda dalam mengatasi asam urat. Bila ingin mencoba obat asam urat alami ini, rebus air dengan 1 sendok makan parutan jahe segar. 

Lalu, rendam kain lap dalam air rebusan tersebut. Saat dingin, tempelkan kompres lap tersebut ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit. 

Tidak hanya itu, anda juga bisa meminum air rebusan jahe. Caranya rebus air dengan tambahan 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Minum 3 cangkir sehari.

3. Kunyit

Bukan hanya sekadar bumbu dapur, namun kunyit juga memiliki kandungan senyawa kimia antiradang. Biasanya bernama curcumin yang dapat menjadi obat alami untuk asam urat.

 Pada beberapa kasus, kunyit diketahui dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti meningkatkan produksi asam lambung, diare, batu ginjal, sakit kepala, dan efek lainnya. Jadi, penderita asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit secara berlebihan dan dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit.

4. Biji Seledri

Biji seledri juga disebut sebagai salah satu obat asam urat alami karena ekstraknya diketahui mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi. Yang mana dapat mengurangi pembengkakan di area sendi akibat peradangan pada penyakit asam urat.

Bahkan, senyawa flavonoid pada seledri terbukti menurunkan kadar asam urat dengan meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine. Khasiat ini didapatkan dari zat aktifnya yakni iridoid glikosida dan flavonoid.(*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan