Breaking News
---

Inggris Lolos Semifinal Piala Eropa 2024 Lewat Penalti

Timnas Inggris berhasil lolos ke semifinal Piala Eropa 2024. The Three Lions -julikan Timnas Inggris menyingkirkan Swiss lewat adu penalti (6-4) di babak perempat final, Sabtu (6/7/2024) malam WIB.

Inggris Lolos Semifinal Piala Eropa 2024 Lewat Penalti

Bertanding di Dusseldorf Arena, peluang pertama didapatkan penyerang Swiss Breel Embolo pada menit ke-11 namun upayanya belum berhasil. Inggris, di sisi lain, belum membuat peluang berbahaya hingga menit ke-13 pertandingan.

Kedua tim tampak sangat berhati-hati di babak pertama. Hingga turun minum, belum ada gol yang tercipta antara Inggris dengan Swiss.

Swiss yang bermain gigih sejak awal babak kedua akhirnya bisa memecah kebuntuan. Breel Embolo mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-75.

Embolo berhasil menjebol gawang Inggris usai memanfaatkan umpan ciamik dari Ndoye yang berada di sisi kiri gawang Inggris. Jordan Pickford pun tak bisa menghalau bol hingga berbuah gol.

Inggris merespons ketinggalan dengan langsung memasukkan tiga pemain, Cole Palmer, Luke Shaw, dan Eberechi Eze untuk menambah daya gedor. Hasilnya pun langsung terlihat, Bukayo Saka membawa Inggris menyamakan kedudukan pada menit ke-80.

Pemain Arsenal itu melepaskan tembakan kaki kiri yang bersarang di sudut gawang Swiss setelah membentur tiang. Skor menjadi imbang 1-1 di penghujung babak kedua.

Pada sisa 10 menit pertandingan Inggris gencar menekan pertahanan Swiss, namun tak ada yang membuahkan hasil. Skor imbang 1-1 menutup jalannya babak kedua dan membuat laga harus dilanjutkan dua kali 15 menit babak tambahan.

Di 15 menit pertama, Inggris mampu memegang kendali dan Jude Bellingham dkk mengurung Swiss di daerahnya sendiri. Meski begitu, Swiss beberapa kali memliki peluang berbahaya lewat serangan balik cepat.

Hingga menit ke-120, baik Inggris dan Swiss masih belum bisa mencetak gol tambahan. Skor imbang 1-1 membuat pemenang harus ditentukan lewat babak adu penalti.

Di babak adu penalti, Inggris mampu mengalahkan Swiss dengan skor 5-3. Lima pemain Inggris sukses menjalankan tugasnya, sementara penendang pertama Swiss Manuel Akanji tendangannya dihalau kiper Pickford.

Kemenangan ini membawa Inggris ke semifinal Piala Eropa 2024. Selanjutnya, Inggris akan menghadapi pemenang antara Belanda dan Turki yang baru akan bertanding pada Minggu (7/7/2024) dini hari WIB.

Susunan Pemain:

Inggris (3-4-2-1): Pickford; Walker, Stones, Konsa; Trippier, Mainoo, Rice, Saka; Bellingham Foden; Kane.

Swiss (3-4-2-1): Sommer; Schar, Akanaji, Rodriguez; Embolo, Freuler, Xhaka, Aebischer; Rieder, Vargas; Ndoye. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan