Breaking News
---

Ini Sejarah Hari Bulu Tangkis Sedunia

Tepat di hari ini Jumat (5/7/2024) masyarakat dunia memperingati Hari Bulu Tangkis Sedunia atau World Badminton Day. Peringatan ini dihadirkan oleh Badminton World Federation (BWF) atau Federasi Bulu Tangkis Dunia, yang juga bertepatan dengan hari jadinya.

Foto : Raket dan kok

Awalnya BWF bernama International Badminton Federation (IBF) yang didirikan pada 5 Juli 1934. Peringatan Hari Bulu Tangkis Sedunia ini juga merupakan upaya menyatukan orang-orang dari berbagai komunitas masyarakat.

Tepatnya, untuk sama-sama merayakan dan mempromosikan bulu tangkis atau yang dikenal sebagai badminton. Cabang olahraga inimemiliki sejarah panjang yang dapat ditelusuri hingga lebih dari 2000 tahun lalu.

Dahulu, olahraga bulu tangkis sendiri berasal dari permainan kuno yang dimainkan di berbagai belahan dunia. Seperti di negara Tiongkok, India, dan Yunani.

BWF merupakan badan pengatur global yang bertanggung jawab dalam mengatur dan mengembangkan bulu tangkis di seluruh dunia. Melalui kerja sama dengan negara-negara anggota, BWF berupaya mempromosikan dan meningkatkan popularitas serta kualitas olahraga bulu tangkis.

Sementara bulu tangkis juga memiliki sejarah panjang yang dimulai pada abad ke-19 di Inggris. Olahraga ini awalnya dikenal dengan nama poona yang dimainkan oleh perwira tentara Inggris yang ditempatkan di India pada tahun 1860-an.

Serta juga berkembang menjadi permainan populer di kalangan elit Inggris. Badminton pertama kali dimainkan di Beaufort di Gloucestershire, Inggris, sekitar tahun 1873.

Bahkan, kejuaraan bulu tangkis tidak resmi pertama untuk pria diadakan pada tahun 1899. Dan, turnamen bulu tangkis pertama untuk wanita diatur pada tahun berikutnya.

Sedangkan kejuaraan dunia pertama BWF diadakan pada tahun 1977. Sejumlah turnamen bulu tangkis regional, nasional, dan zona diadakan di beberapa negara.

Yang paling terkenal adalah Kejuaraan All England. Turnamen internasional terkenal lainnya termasuk Piala Thomas untuk kompetisi beregu putra dan Piala Uber untuk kompetisi beregu putri.

Bulu tangkis pertama kali muncul di Olimpiade sebagai olahraga demonstrasi pada tahun 1972. Serta juga sebagai olahraga eksibisi pada tahun 1988.

Pada Olimpiade 1992, bulu tangkis menjadi olahraga Olimpiade dengan medali penuh. Yaitu, dengan kompetisi tunggal putra dan putri (satu lawan satu) dan ganda (dua lawan dua).

Ganda campuran diperkenalkan pada Olimpiade 1996. Maka dari itu, banyak masyarakat dunia yang memperingati Hari Bulu Tangkis Sedunia di setiap negaranya. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan