Breaking News
---

Kalahkan Jerman, Spanyol ke Semifinal Piala Eropa 2024

Timnas Spanyo berhasil melangkah ke semifinal Piala Eropa 2024. Tim Matador (julukan Spanyol) mengalahkan Jerman 2-1 di babak perempat final, Jumat (5/7/2024) malam WIB.

Timnas Spanyol

Bertanding di MPH Arena, Stuttgart, Spanyol menguasai jalannya permainan dan banyak memberikan ancaman di babak pertama. Sedangkan Jerman tak banyak melakukan ancaman berbahaya kepada Spanyol di babak pertama.

Sayang, pada menit ketujuh Spanyol harus kehilangan Pedri yang terpaksa ditarik keluar karena cedera usai ditekel keras Toni Kroos. Pedri tampak sangat sedih ketika harus digantikan Dani Olmo.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir tak ada gol yang tercipta. Spanyol vs Jerman imbang 0-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Spanyol mengambil inisiatif menyerang dan mampu memecah kebuntuan di menit ke-51. Lamine Yamal memberikan umpan tarik yang bisa disambar Olmo dengan sepakan mendatar ke pojok gawang Neuer.

Tertinggal, Jerman tampil menyerang mengejar gol penyama kedudukan. Peluang dihadirkan Nationaelf di menit ke-70, namun Simon tampil menawan dengan terbang menepis bola.

Havertz membuang peluang emas di menit ke-82 usai kesalahan umpan dari Spanyol. Havertz mencungkil bola saat Simon keluar gawang, tapi bola melambung tipis.

Usaha Jerman untuk menyamakan kedudukan akhirnya berbuah hasil di menit ke-90. Joshua Kimmich memantulkan bola lewat sundulan ke Florian Wirtz. 

Wirtz menyambutnya dengan sepakan voli yang bikin Simon mati langkah. Skor 1-1 bertahan hingga babak kedua usai sehingga pertandingan harus berlanjut ke babak tambahan.

Di 15 menit pertama babak tambahan, Spanyol dan Jerman terus jual beli serangan, tapi belum membuahkan hasil. Spanyol secara dramatis mencetak gol kemenangannya pada babak kedua extra time.

Mikel Merino yang turun dari bangku cadangan menjadi pahlawan Spanyol. Memanfaatkan umpan Mikel Oyarzabal, Mikel Moreno merobek gawang Jerman dengan sundulannya di menit ke-118.

Drama terjadi di menit ke-125, Spanyol harus bermain dengan 10 pemain setelah Dani Carvajal menerima kartu kuning kedua. Meski begitu, Spanyol mampu mempertahankan keunggulan 2-1 atas Jerman hingga pertandingan usai.

Kemenangan ini membawa Spanyol ke semifinal Piala Eropa 2024 setelah menyingkirkan tuan rumah Jerman. Selanjutnya, mereka akan menghadapi pemenang antara Portugal dan Prancis yang baru akan bertanding Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB.

Susunan Pemain:

Spanyol XI (4-2-3-1): Unai Simon; Marc Cucurella, Aymeric Laporte, Robin Le Normand, Dani Carvajal; Fabian Ruiz, Rodri; Nico Williams, Pedri, Lamine Yamal; Alvaro Morata

Jerman XI (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah, David Raum; Emre Can, Toni Kroos; Jamal Musiala, Ilkay Gundogan, Leroy Sane; Kai Havertz (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan