Breaking News
---

Kenali Penyebab Kerusakan dan Cara Merawat Kulit

Hari Cintai Kulitmu diperingati pada tanggal 8 Juli. Peringatan ini diperkenalkan perusahaan kosmetik ‘Dermastart’, bertujuan menarik minat masyarakat membangun rutinitas perawatan kulit.

Foto ilustrasi

Dikutip dari laman Ayo Sehat Kemenkes, kulit sangat mungkin terkena kerusakan setiap hari. Hal ini karena kulit terpapar ultraviolet, bagian dari radiasi sinar matahari, dan elemen keras mencoba menghilangkan lapisan pelindungnya.

Dampak erosi ini tidak langsung terlihat, namun semakin lama semakin bertambah. Namun, melembabkan kulit dengan menggunakan tabir surya, dan minum banyak air sangat membantu menjaga kulit tetap sehat.

Perawatan kulit tidak harus menjadi rutinitas yang rumit dan mahal. Menjaga kesehatan kulit juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan beragam dan bergizi seimbang. 

Makanan mengandung Vitamin A, B, C, D, E, Zink, dan selenium adalah kuncinya. Berbagai zat gizi ini penting dalam menjaga fungsi dan kesehatan kulit.

Zat-zat tersebut biasanya ada dalam sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah-buahan juga menjadi sumber antioksidan, yang baik untuk kulit. 

Antioksidan berguna untuk melindungi, mencegah, dan memperbaiki sel-sel dari kerusakan, akibat radikal bebas seperti polusi dan sinar ultraviolet. Untuk itu, mengenali beberapa jenis buah beserta kandungannya tidaklah kalah penting. 

Buah-buahan bisa langsung dikonsumsi atau atau diolah menjadi jus. Buah-buah tersebut antara lain, anggur, jeruk, timun, lemon, pepaya, semangka dan nanas.(*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan