Breaking News
---

Lima Desa Wisata Terfavorite di Kuningan, Jawa Barat

Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau dan keberagaman destinasi wisatanya yang menarik. Namun, di balik keramaian destinasi wisata yang populer, terdapat sejumlah desa yang menawarkan pengalaman unik yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Lima Desa Wisata Terfavorite di Kuningan, Jawa Barat

Desa-desa seperti Cikaso, Kaduela, Cibuntu, Sukaimut, dan Cipasung memiliki potensi yang belum tergali sepenuhnya untuk menarik minat para wisatawan yang mencari pengalaman yang berbeda.

Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya misalnya, terkenal dengan Sawah Lope-nya yang menakjubkan. Sawah-sawah terhampar menciptakan pemandangan yang menakjubkan dan menawarkan pengalaman eksklusif bagi pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alam pedesaan.

Dengan konsep agrowisata Sawah Lope menawarkan sarana edukasi pertanian, peternakan dan pengolahan sampah organik yakni magot. 

"Pengunjung bisa melihat langsung saat panen padi, sayuran, palawija dan membeli langsung di tempat dengan harga ekonomis dan masih segar," kata Daeng Ali, salah satu pengelola Sawah Lope. 

Selain itu, pengunjung bisa langsung melihat pembibitan di saung benih, dan anak-anak bisa juga mengenal bagaimana merawat domba dan memberi makan langsung di kandangnya. 

Selain itu, terdapat wahana kolam renang yang mata air Cibulakan. 

"Iya airnya langsung dari mata air Cibulakan yang berada di sekitar areal persawahan. Airnya ini, alhamdulillah tak pernah surut meski disaat musim kemarau," kata Ali. 

Selain itu, terdapat kolam ikan terapi, dan Saung Sawah Lope yang menyajikan kuliner masakan Sunda. 

Sawah Lope buka setiap hari mulai Pukul  08.00 - 16.00 WIB, dengan harga tiket Rp5 ribu, dan parkir .

Beralih ke desa Desa Kaduela menawarkan pesona Talaga Biru Cicerem yang memukau. Danau biru yang tenang menjadi daya tarik utama desa ini, menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam yang masih alami.

Desa Cibuntu, dengan Kampung Domba-nya, menawarkan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung yang ingin berinteraksi dengan domba-domba lokal. Kampung ini tidak hanya menjadi tempat penitipan domba, tetapi juga menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya di desa.

Bagi para pencari petualangan, Desa Sukaimut adalah destinasi yang sempurna. Arung jeram di Sungai Bukit Moncongos adalah salah satu kegiatan yang paling dicari di desa ini. Selain menantang, petualangan ini juga memperkenalkan pengunjung pada keindahan alam yang luar biasa dari ketinggian.

Terakhir, Desa Cipasung menjadi surga bagi pecinta kopi. Wisata Edukasi Kopi Liberika di desa ini mengajak pengunjung untuk mempelajari seluk-beluk budidaya, pengolahan, dan pembuatan kopi lokal yang unik. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati segelas kopi segar sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Dengan keberagaman destinasi wisatanya yang menakjubkan, Kabupaten Kuningan membuktikan bahwa keindahan alam dan kearifan lokal dapat disatukan untuk menciptakan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang datang.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan