Breaking News
---

Pemkab Karawang Mau Bangun 73 Rumah Bagi Warga Terdampak Banjir Rob

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Karawang akan bangun 73 unit rumah relokasi tambahan bagi warga terdampak banjir rob di Cemarajaya.

Foto ilustrasi

Kepala Bidang Perumahan DPKP Karawang, Rara menyebutkan, ada sebanyak 299 KK terdampak banjir rob. Dari jumlah tersebut telah direlokasi sebanyak 216 KK dan menyusul 73 KK di tahun berikutnya.

“Target penuntasan 299 unit, sudah direlokasi 216 KK. Namun dari sisa lahan yang ada rencananya Pemerintah Kabupaten Karawang akan menambah calon penerima bantuan lagi sebanyak 73 KK yang insyaallah penuntasannya di tahun depan,” ujarnya pada Selasa, 2 Juni 2024.

Ia menerangkan, target penuntasan pemberian bantuan relokasi tahun 2024 ini telah disesuaikan berdasarkan SK Bupati tahun 2019.

Pihaknya telah memulai proses identifikasi dan pengadaan lahan sejak tahun 2017, kemudian dilanjut dengan verifikasi calon penerima pada tahun 2019.

Setelah itu, dilakukan tahap pematangan lahan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang mulai membangun dari tahun 2020 hingga tahun 2024.

“Total KK yang dituntaskan sebanyak 299,” terangnya.

Di samping itu ia memaparkan, pembangunan ratusan rumah relokasi ini memakan anggaran sekitar Rp 8 miliar.

Pihaknya berharap, warga yang direlokasi dapat beradaptasi dengan tempat tinggal baru dan turut berperan aktif dalam menjaga lingkungan.

Kemudian, bagi warga yang akan direlokasi pada tahun 2025 diharapkan untuk bersikap kooperatif dan mengikuti arahan dari pemerintah desa demi kelancaran prosesnya.

“Menjaga kerukunan, kerjasama dan gotong royong. Menjaga keamanan dan kebersihan serta kenyamanan lingkungan. Warga yang belum direlokasi, tetap sabar dan optimis selama menunggu giliran relokasi,” tutupnya. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan