Breaking News
---

Tahun Baru Islam Apakah Tanggal Merah? Ini Jawabannya

Sebentar lagi, umat muslim di Indonesia merayakan momen Tahun Baru Islam 1446 Hijriah pada 1 Muharam. Menurut Kemenag RI, 1 Muharam 1446 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 7 Juli 2024.

Foto ilustrasi

Lantas, pada Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 itu, kira-kira tanggal merah bukan ya? Simak jawabannya di dalam artikel ini ya.

Perlu diketahui, di Indonesia terdapat sejumlah hari besar keagamaan yang ditetapkan sebagai tanggal merah. Tanggal merah dalam rangka memperingati hari besar keagamaan diatur oleh pemerintag melalui Surat Keputusan Bersama (SKB).

Yakni, SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024. Dalam SKB tersebut tercatat, peringatan Tahun Baru Islam yang jatuh pada 7 Juli 2024 ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional.

Dengan demikian, tanggal 1 Muharram ditandai sebagai tanggal merah. Perlu diketahui, Tahun Baru Islam 1446 Hijriah ditandai dengan memasuki tanggal 1 Muharam dalam kalender hijriah.

Muharam merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriah. Bulan awal Muharam menjadi salah satu bulan istimewa dalam Islam.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan