JAIPONGAN KARAWANG DAN HAK PATENNYA

2
PELITA KARAWANG ON LINE_.Anda kenal lagu Daun Pulus?huhhh hebohnya lagu tersebut bukan main.  versi lagu jaipongan itu meledak kasetnya dimana-mana  utama di tanah Karawang  dan umumnya  Tanah Pasundan Raya (Jawa Barat) termasuk  Ibu kota Jakarta tentunya.semalah versi  dangdutan pun merbak jadi idola masyarakat"Bajidor” di  saat hajatan atau pentas seni di masyarakat Karawang.Saat masa jayanya lagu tersebut bisa memberikan keuntungan bagi penyanyi (PELAKU SENI) dan yang menyanyikannya dari saweran tentunya serta itu jadi tradisi ketika jaipongan di gelar. 

Lalu,ada lagu lawas lainnya yang menghiasi seni suara dan tari  jaipongan seperti Talaktilu,Celeng Mogok,Buah Kawung,Ekek Paeh dan Itu pula lahu-lagu murni seni sunda jaipongan di tambah ratusan lagu jaipongan lainnya yang penulis kenal.bagimana nasibnya di masa moderenisasi ?.

Jika berkaca dari tahun ke tahun ini jelas satu masalah yang sangat krusial dan perlunya sikap bijak dari pewaris seni jaipongan tentunya.betapa tidak sudah bergesernya seni sunda Tradisional seni Jaipongan Karawang yang ada karena  pelaku seninya sendiri kurang menghargai nilai budaya tersebut.Sikap seni hanya menikmati sesaat  yang di perparah sikap pemerintah daerah Karawang sendiri yang kurangnya perhatian secara eklusive terhadap milik murni jaipongan Karawang.

Cukup bagus dengan tersiarnya akan ada gerakan untuk pentas seni jaipongan besar-besaran di kota Karawang dan berharap masuk MURI.Apakah itu cukup untuk  lestarikan dan berikan perlindungan seni Jaipongan?.terlalu sempit berpikir bila hanya gebyar sesaat dan berharap MURI akan kegiatan tersebut.Apalagi sifat komersial terenduskan.

Memang benar adanya produksi seni melalui industri seninya perlu di lakukan karena itu formulanya sebagai sumber sandaran dan keberlangsunagan Seni Sunda Jaipongan Karawang dari masa kemasa agar tidak dilupakan dan slalu melekat di hati masyarakat goyang Karawang.

Jaipongan adalah seni sunda wiwitan yang sifatnya alat pemersatu masyakarat di jaman nenek moyang orang Karawang artinya, "bukan hanya sebatas alat hiburan dan komersilisasi." Seni suara dan tari sunda Jaipongan aset daerah yang mutlak milik Karawang tapi sejauh mana purwawiwitan purwadaksina nya para pelaku seni dan pencinta atau penikmat Jaipong?.

Musik Angklung  kini sudah di akui dunia,Jaipongan pun bisa sama di akui dunia. bagimana kalau kita dari skerang rintis dan pikirankan bersama untuk  memberikan Hak Paten yang resmi untuk Jaipongan”milik asli orang Karawang” dan yang semoga Jaipongan berujung dan senasib dengan musik Angklung yang mendunia.?/Faras Kusumah.
Posting Komentar