Breaking News
---

Dinas Perikanan Mau di Merger ke Dinas Pertanian, Menuai Banjir Penolakan Aktivis Nelayan

Meskipun memiliki banyak potensi perikanan dan kelautan di hamparan laut Karawang seluas 84 Mil lebih, Dinas Perikanan dan Kelautan Karawang justru di wacanakan mau di Merger gabung ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP). Namun, rencana merger SOTK baru itu, banjir penolakan dari sejumlah aktivis kelautan dan perikanan hingga tokoh dan pensiunan Dinas Kelautan dan Perikanan tersebut.

Foto : Aktivitas Nelayan dan TPI di Ciparagejaya Kecamatan Tempuran

"Bupati Kabupaten Karawang H Aep Saepulloh, SE menelpon saya untuk ketemu dan berdiskusi tentang Rancangan Peraturan Daerah Karawang Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah nomor 14 Tahu 2016 Tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Karawang. Bupati mengungkapkan bahwa memang pemkab merencanakan ada 6 dinas yang nantinya di gabung menjadi 3. Karena berkaitan dengan tugas pokok yang hampir mirip agar tidak ada tumpang tindih program kerja sesuai yang tertera dalam Raperda. Namun, Saya lebih khusus terkait penggabungan Dinas Perikanan ke Dinas Pertanian, jawaban tugas pokok yang hampir mirip agar tidak ada tumpang tindih program kerja yang disampaikan Bupati, sepertinya kurang tepat, karena Tugas pokoknya berbeda, Pertanian di Karawang cakupan Pertanian luas lahannya sebesar 189,065 hektare sawah butuh konsentrasi khusus apalagi menjadi sentral Lumbung padi Nasional dengan target 1,4 ton gabah" Kata Ketua Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) Karawang, Muslim Hafidz baru - baru ini.

Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa Karawang itu mempunyai Sumberdaya luar biasa, Panjang bibir pantai Karawang itu 84,23 KM panjang, sedangkan Perikanan di Karawang, kabupaten Karawang mempunyai kemiripan di kabupaten-kabupaten Pantura di Jawa Barat seperti Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon, itu untuk di Pantura, sedangkan di kemiripan kedua dengan Pantai Laut Selatan (PANSELA) di Jawa Barat seperti Sukabumi, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cianjur, Garut. Ia menjelaskan Kabupaten Karawang yang punya laut yang memiliki kemiripan di Pantura dan pansela. Karena ada kemiripan dengan Kabupaten yang ada di wilayah Pantura dan Pansela, ia membuka informasi menyangkut SOTK yang di kabupaten sana, ternyata Kabupaten-kabupaten itu memisahkan antara Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan

"Jadi untuk Dinas Perikanan yang digabungkan dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan itu tidak efektif dan efisien apalagi bicara tumpang tindih program kerja, sebab Bobot kedua dinas itu cukup berat untuk diopeni alias diurus apalagi menyakut hidup orang banyak. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan