PPBD Karawang Gunakan Sistem Online

0
KARAWANG-PELITAKARAWANG.COM -Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memastikan proses penerimaan peserta didik baru atau penerimaan siswa baru 2013 dilakukan secara online untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecurangan.

Drs.H Nana Mulyana.
Ketua Forum Kepala UPTD PAUD/SD Kab.KRW
"Kita menginginkan peserta didik di Karawang benar-benar berkualitas, jadi kita benahi sistemnya, salah satunya dengan membenahi sistem PPDB (penerimaan peserta didik baru) online," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang Agus Supriatman, di Karawang.

Dikatakannya, jadwal pendaftaran PPDB pada 13-29 Juni 2013. Pelaksanaan penerimaan PPDB tersebut dibagi menjadi empat tahap, yakni tahap seleksi bakat prestasi, seleksi untuk pendaftar luar daerah Karawang, seleksi bina lingkungan dan seleksi umum.

Untuk seleksi umum PPDB dilakukan pada 24-28 Juni 2013. Pendaftaran tersebut dilakukan secara perseorangan langsung atau sistem online, melalui www.ppdbkarawang.com.

Dalam mempersiapkan sistem PPDB online, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga mengandeng salah satu perusahaan provider untuk menyediakan pelatihan dan peralatan. Salah satunya ialah dengan membangun "server" untuk menampung data pendaftar PPDB.

Ia berharap PPDB 2013 yang dilakukan secara online bisa berjalan lancar, terbuka dan tidak ada unsur kecurangan berbentuk "jual-beli" kursi sekolah negeri.

"Melalui PPDB online ini, maka bisa menghilangkan praktik calo yang selalu terjadi setiap PPDB. Kita yakin dengan semangat melakukan perubahan, maka diharapkan menghasilkan peserta didik yang berkualitas," kata Agus.
 .
Sebelumnya,Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Karawang mulai menyosialisasikan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. Sosialisasi dilakukan pada Forum Kepala UPTD PAUD/SD di Aula Kantor PGRI Kecamatan Tempuran.

Mekanisme dan cara PPDB yang disampaikan oleh salah Kepala SMPN 1 Jayakerta Hery Suheri, sepertinya masih asing di kalangan para kepala UPTD. Buktinya, masih banyaknya pertanyaan dari para mereka terkait kategori nilai prestasi berjenjang, bina lingkungan, hingga mengenai calon siswa dari dalam maupun luar Kabupaten Karawang.


Hery Suheri mengungkapkan bahwa PPDB yang dilakukan secara online di tahun ajaran 2013-2014 ini jadwal tahapanya sudah jelas yakni untuk jalur prestasi pendaftarannya dimulai tanggal 11-15 Juni untuk kemudian divalidasi hingga pengumumannya pada 16 Juni yang mana sekolah harus menyelipkan 5 persennya dari jalur ini. Sementara untuk jalur bina lingkungan dengan kuota 45 persen pendaftarannya dimulai tanggal 17-22 Juni. Begitupun untuk kategori umum, artinya luar kabupaten 5 persen dan dalam kabupaten 45 persen. Pendaftaranya dimulai tanggal 24-28 Juni dan  diumumkan 29 Juni mendatang.(KS).

www.pelitakarawang.com
Posting Komentar