KARAWANG, PEKA - Wakil Bupati  Kabupaten Karawang, Jimmy Akhmad Zamaksyari kian serius urus soal ketenagakerjaan di Karawang.

Jimmy Akhmad Zamaksyari
Buktinya, Jimmy tengah mempersiapkan program pemagangan bagi 5.000 calon tenaga kerja tahun ini yang disertai pelatihan semimiliter.

Hal ini disalurkan untuk 300 pabrik di enam kawasan industri yang siap menampung para peserta pemagangan.

Menurut Jimmy, sebelum dilepas pada 8 Maret 2017, para peserta bakal mendapatkan pelatihan semimiliter dari kepolisian dan TNI.

"Selama satu hari satu malam, para peserta bakal digembleng langsung oleh Bupati Karawang," katanya kepada wartawan di Karawang, Jumat (24/2).

Menurutnya, untuk mendukung program pemagangan nasional, Pemkab Karawang membentuk Komite Pemagangan Daerah. Tujuannya adalah tenaga kerja asal Karawang banyak diserap industri.

Jimmy mengharapkan program pemagangan bakal mengurangi angka pengangguran di Karawang yang masih tinggi. 

"Ini merupakan upaya pemerintah daerah memberikan kesempatan kepada pekerja asal Karawang," katanya.

Jimmy menjelaskan, setelah mengikuti program pemagangan selama enam bulan, para peserta bakal mendapat sertifikat kerja. 

Kata dia, mereka akan diprioritaskan menjadi karyawan tetap jika performa kerjanya baik. Selama mengikuti program itu, para peserta bakal mendapat jaminan hak tenaga kerja, jaminan kesehatan, dan uang saku sebesar 60 persen dari UMK Karawang atau senilai Rp 2.160.000. 

"Mereka tidak akan menuntut apa pun jika kontrak magang diputus," ungkapnya.

Setelah itu, para peserta akan menjalani uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi. Harapannya, dengan sertifikasi, para peserta akan lebih mudah diterima perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. "Sistem ini bakal memudahkan perusahaan menyeleksi calon karyawan," pungkasnya.#oca-novi.