Iklan
Loading...

Sampah Tidak Terkelola, Kades Ciparage Jaya Buat TPST Sendiri

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Jumat, Februari 10


KARAWANG, PEKA – Permasalahan sampah diwilayah Utara Karawang ternyata masih menjadi polemic yang cukup serius. Hal tersebut akibat minimnya tempat pembuangan sampah (TPS) disetiap desa di Karawang.

Sampah di Karawang Utara
Menyikapi hal tersebut, Kepala Desa Ciparage Jaya, Kabun beserta pemerintah desanya terus mencari langkah terbaik untuk mengatasi solusi sampah yang kian hari tidak terkelola dengan baik hingga berserakan di pesisir pantai dan pemukiman warga. Akhirnya ia dengan menggunakan DD tahun 2016 bidang kesehatan yang disalurkan untuk pengelolaan sampah dilingkungan desanya.

“Dana kesehatan saya alokasikan untuk penataan sampah, dengan membuat TPST dengan luas sekitar 6000 meter. Dimana selanjutnya masyarakat tidak lagi membuang sampah kepantai maupun bahu jalan,” ungkap Kabun, kepada PEKA, jumat (10/2/2017).

Selama ini terang dia, sampah rumah tangga tidak terkelola dengan baik sehingga banyak sampah berserakan dimana saja, yang akhirnya dapat berdampak timbulnya penyakit.

“Untuk kedepan masyarakat tidak perlu lagi membuang sampah sembarangan, karena kita sudah menyediakan TPST khusus. Sampah tersebut nantinya akan diabil disetiap rumah oleh petugas sampah yang sudah saya sediakan,” katanya.

Dirinya berharap dengan adanya TPST ini lingkungan desanya tidak lagi terlihat kumuh, serta masyarakatnya bisa terhindar dari penyakit yang ditimbulkan akibat tumukan sampah yang berserakan dimana saja.

“Untuk menggaji petugas sampah nanti kita buat iyuran warga terutama yang berjualan dengan tiga kategori, kelas satu, kelas dua, dan kels tiga. Dimana kelas tersebut menentukan kemampuan kecil atau besarnya usaha mereka,” tungkas Kades.#dzr-novi.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Jumat, Februari 10, 2017

0 komentar: