Iklan
Loading...

SEKTOR Pertanian di Acuhkan Dalam MUSRENBANG

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Jumat, Februari 10


Karawang, PEKA - Tidak banyak yang tahu bahwa Dinas Pertanian Karawang memiliki segudang program pemberdayaan dan pengembangan pertanian, selain Alat Mesin Pertanian (Alsintan), juga produk-produk olahan pertanian dan peternakan bisa termanfaatkan pembinaan dan aksesnya. 

Musrenbang
Sayangnya, hal ini jarang lirikan menjadi ajuan pemerintah desa saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang lebih fokus pada infrastruktur.

Kabid Holkikultura Dinas Pertanian Karawang, Rusmawi mengatakan, sektor pertanian diakuinuya jarang dilirik programnya oleh desa untuk dimanfaatkan secara optimal, itu bisa ia lihat disela-sela Musrenbang di wilayah Pertanian Show Window Indonesia Cilamaya Wetan sekalipun, karena, dari 12 Desa hanya 1 desa saja ada porsi ajuan ke bidang pertanian, karena ia melihat lebih dominan ajuan dibidang fisik saja. 

Sementara di pertanian itu ada pemberdayaan dan pemberian bantuan jika memang ada ajuan, baik Alsintan maupun pembedayaan usaha tani seperti ternak, jamur dan buah-buahan, karenanya ia mempertanyakan, selama Musrenbang ditingkat Desa, apakah kelompok-kelompok tani dan penyuluh ini dilibatkan dalam penyusunannya, atau tidak," lebih banyak ajuan itu ke fisik saja, padahal pertanian juga banyak program, tapi jarang mengajukan banyak," Ujarnya.

Lebih jauh ia menambahkan, Desa dan perangkatnya diharapkan bisa melibatkan penyuluh dalam setiap program desa, baik musrenbang dan lainnya, apalagi yang berkenaan dengan urusan pertanian, baik soal pembinaan kelompok tani maupun harapan ajuan sektor pertaniannya. Karena jujur, program-program pertanian sama dengan yang lainnya, tidak ujug-ujug turun, melainkan harus ada perencanaan dan permintaan dari bawah. 

Mengapa tidak desa-desa mempopulerkan produk-produk pertanian, perikanan maupun peternakannya sehingga menjadi ciri ke khasan desa tertentu, ayam Ciparage misalnya, sudah punah saat ini, padahal ini bisa menjadi identitas desa jika dilkelola pembibitannya sedari dulu." Unggulkan ternak dan tumbuhan di desa yang menjadi ke khasan desa tersebut, semoga saja ini bisa menjadi perhatian," Ajaknya.#sr-novi.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Jumat, Februari 10, 2017

0 komentar: