Persiapan Mudik Lebaran 2017 Sejak Sekarang

0

Sampit, Kalimantan Tengah, PEKA - Menteri Perhubungan, Budi Sumadi, meminta seluruh daerah mulai mempersiapkan penyelenggaraan arus mudik Lebaran 2017.

Ilustrasi Mudik
Berdasarkan data, kata dia, di Sampit, Sabtu, jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Sampit selama musim lebaran Idul Fitri tahun lalu sekitar 27.000 orang. Tujuan yang dilayani yaitu Semarang dan Surabaya.

Dia meninjau dua terminal Pelabuhan Sampit yaitu Terminal Sampit yang diutamakan untuk kapal penumpang dan Terminal Bagendang yang dikhususkan untuk petikemas. Letak dua terminal ini terpisah cukup jauh.

Sebelum ke Sampit, dia juga meninjau Pelabuhan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, untuk meninjau kesiapan angkutan Lebaran 2017. 

Seluruh daerah diminta menyiapkan lebih awal agar penyelenggaraan arus mudik nanti tidak ada kendala. Berbagai kekurangan harus segera diatasi agar tidak sampai mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang.

"Kita mau mengutamakan keselamatan. Jangan asal pergi, tiba-tiba ada masalah. Sekarang ini cuaca tidak menentu, jadi saya minta Pelindo dan KSOP (Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) untuk mengikuti saran-saran dari standar operasional yang harus dipatuhi," kata dia.#ant.

Posting Komentar