Loading...

PUSKESMAS Siap Digarap ASESOR KEMENKES

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Selasa, Maret 07, 2017

Karawang, PEKA - Puskesmas induk diberbagai Kecamatan di Karawang, tengah ancang-ancang di garap asesor Akreditasi dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) tahun ini. Persiapan pemenuhan standar yang disyaratkan, tidak mau dilewatkan sejumlah Puskesmas, salah satunya yang dilakukan UPTD Puskesmas Telagasari. Pasalnya, Puskesmas yang sudah sempurna sarana fisiknya seperti Poned dan UGD ini, menargetkan gelar Paripurna dari hasil akreditasi nantinya.


Ilustrasi Puskesmas Telagasari
Kasubag TU UPTD Puskesmas Telagasari, Yaya Mulyana mengatakan, dalam rangka persiapan akreditasi yang juga akan dialami 10 Puskesmas lainnya di Karawang, lingkungan Puskesmas Telagasari terus berbenah mempersiapkan kematangan garapan akreditasi Kemenkes tersebut. 

Selain aktif mengikuti pembinaan ke 3 kaitan Bimbingan Teknis dan Assesmen yang berdasarkan modul- modul yang menjadi rujukan akreditasi, seperti Manajemen dan Pelayanan mutu, juga pemenuhan dari sisi sarananya semakin disempurnakan sebagaimana Denah dan penempatan ruangan yang sesuai. 

Hari Rabu ini, Kelompok Kerja (Pokja) 1 yang dipegang para Kasubag TU akan ada lanjutan pembinaan Dinkes untuk membahas persiapan akreditasi ini." Standarnya minimal kita sudah siap memenuhinya, seperti dari sisi Pelayanan yang sesuai SOP dan lainnya. Insya Allah asesor dari Pusat nanti yang menilainya," Ungkapnya.

Dalam proses akreditasi nanti sambung Yaya, memang memungkinkan ada hal-hal yang tak terpenuhi. Jika Puskesmas tidak sempurna dalam proses penilain akreditasi, konsekwensinya memang tidak akan diberikan kapitasi dan kepersertaan untuk melayani BPJS, karena BPJS hanya akan melayani bagi lembaga medis yang sudah akreditasi. 

Karenanya, dari 18 program, minilai 3 program kebijakan Pusat sudah terpenuhi, wal hasil diakui Yaya, untuk Telagasari secara fisik sudah memenuhi Syarat sesuai persyaratan tersebut, seperti adanya ruangan lengkap, Poned, UGD, Pendaftaran dan lainnya. Diharakan, program-program diatas bisa menjadi pertimbangan hasil akreditasi antara A dan B,bahkan bisa menyandang predikat Paripurna." Dasarnya kita sudah ada layanan KIA, Kesling dan lainnya, otomatis sudah ada layanan BPJS, ya mudah-mudahan saja dapat nilai Paripurna," Harapnya.#sr-novi.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Selasa, Maret 07, 2017