Toyota Tanam 200 tanaman Mangrove di Pantai Karawang - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Rabu, 01 Maret 2017

Toyota Tanam 200 tanaman Mangrove di Pantai Karawang

KARAWANG, PEKA - Sebagai pencegahan abrasi lebih lanjut, Toyota Indonesia menanam sebanyak 200 ribu batang  pohon mangrove  di pesisir pantai Desa Pusakajaya Utara Kecamatan Cilebar, Rabu (1/2).(01/03/2017).

Penanaman Manggrove di Pantai Karawang
Penanaman sepanjang 4 kilometer ini  dilakukan secara bersamaan dengan Wakil Gubernur Jabar Dedy Mizwar, Bupati Karawang Cellica Nurachadiana yang didampingi Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono  dan ratusan pelajar.


Menurut Wakil Direktur PT. TMMIN, Warih, penanaman pohon mangrove ini  pihak Toyota menggandeng perusahaan pemasok yang tergabung dalam Toyota Manufaktur Club (TMClub). Toyota juga mengajak 1000 pelajar SMP dan SMA se Kabupaten Karawang. 

"Lokasi penanaman kita pilih di pantai Pedes karena merupakan daerah paling rawan sepanjang pantai Karawang," kata Warih.


Warih menjelaskan Group Toyota melakukan penanaman Mangrove sebagai bagian dari hutan Toyota sejak 2012. Tidak hanya di Karawang Toyota juga menanam mangrove di Kepulauan Seribu, Bekasi, Semarang dan Kendal, Demak hingga Banyuwangi." Toyota memiliki komitmen kuat untuk ikut serta dalam upaya pelestarian lingkungan," katanya.

Menurut Warih untuk tahun ini Toyota Indonesia akan menanam sebanyak 300 ribu batang pohon mangrove yang tersebar di Karawang, Semarang dan Kendal. Secara keseluruhan Toyota Indonesia akan  menanam 1 juta pohon mangrove di sepanjang pantai Utara Jawa. "Kita masih akan terus menanam manggrove hingga sepanjang pantai utara jawa untuk tahun ini mencapai 1 juta pohon," katanya.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar mendukung gerakan menanam pohon Mangrove oleh Toyota. Menurutnya Toyota Indonesia harus dijadikan percontohan untuk perusahaan lain agar peduli terhadap kondisi pesisir pantai  utara jawa yang rusak akibat abrasi. Di Karawang terdapat banyak perusahaan industri sehingga jika semua bisa berpartisipasi maka pesisi pantai Karawang sepanjang 84 kilometer bisa menjadi hutan mangrove.

Dedy Mizwar berjanji akan melakukan safari mengunjungi kawasan industri untuk mensosialisasikan gerakan menanam mangrove. Dia berharap dengan kegiatan safari nanti bisa mengajak perusahaan untuk membantu Pemkab Karawang mengatasi masalah abrasi. " Satu perusahaan saja yaitu Toyota Indonesia bisa menanam mangrove sepanjang 4 kilometer. Kalau setiap perusahaan industri mau menanam sudah bisa menutup pantai utara Karawang," kata Dedy.

Senada dengan itu Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengaku Pemkab Karawang menghabiskan anggaran miliaran rupiah untuk mengatasi abrasi. Gerakan menanam mangrove oleh Toyota telah menginspirasi dirinya untuk lebih giat mengajak perusahaan lain berpartisipasi. " Ternyata mengatasi abrasi lebih efesien daripada membuat tanggul penahan ombak. "Saya akan coba lebih intens lagi mengajak perusahaan lain untuk mengikuti jejak Toyota," pungkasnya.#oca-novi.
Posting Komentar