Loading...

Bidang PP DPPKB Bentuk IP2K

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Selasa, April 18

Karawang, PEKA - Bidang Pengendalian Penduduk Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana berencana menginisiasi pembentukan Ikatan Penulis dan Pemerhati Kependudukan (IP2K) di Karawang. Forum tersebut dicanangkan guna menghadirkan terobosan gagasan dalam pengendalian kependudukan yang dan menyosialisasikan kepada masyarakat.

Kepala Bidang PP DPPKB
Dikatakan Kepala Bidang PP DPPKB Selamet, gagasan dan penyosialisasian soal pengendalian kependudukan menjadi hal yang sangat penting guna menopang peradaban di masa mendatang. Terlebih saat ini data yang dikeluarkan oleh Dinas Catatan Sipil jumlah penduduk di Karawang sudah mencapai 2,9 juta jiwa.

"Permasalah kependudukan menjadi masalah yang serius dan dampaknya tidaklah sedikit. Dimulai dari desain kebijakan Pemkab untuk warga harus seperti apa," kata Selamet, Selasa (18/4).

IP2K nantinya akan diisi oleh sebagai penulis dan pemerhati yang peduli terhadap peradaban mendatang, terlebih saat ini permasalahan yang diakibatkan tidak terkontrolnya pengendalian penduduk khususnya di Karawang kian semakin kompleks.

"Kita mulai dari yang terkecil saja, yaitu keterkaitan penduduk dan sampah, semakin banyak penduduk, akan berbanding lurus dengan tingkat sampah yang akan ada di wilayah sekitar termasuk sampah yang sifatnya ekstra dan intra biologis manusia seperti kotorannya," katanya.

Belum lagi dikatakannya saat ini Kabupaten Karawang yang mulai berubah menjadi kota urban, setiap tahunnya terus kedatangan transmigran dari luar kota yang berniat mencari kerja di Karawang yang pada umumnya berusia produktif.

"Yang datang usia muda, nikah di sini punya anak disini, dan hal ini sudah pasti juga berkaitan erat dengan tempat tinggal keluarga baru, akan sedikit-sedikit mengubah tanah produktif untuk kehidupan manusia, menjadi tempat tinggal keluarga baru," tambahnya.

Dengan demikian Selamet berharap dengan adanya IP2K, akan muncul gagasan-gagasan baru mengenai pengendalian kependudukan dan dapat menyosialisasikan dengan baik kepada masyarakat sehingga Kabupaten Karawang sebagai kota urban baru, tetap bisa mempunyai pakem pengendalian penduduk.#oca-nv.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Selasa, April 18, 2017