Tingkatkan Pendidikan Pilar Kebangsaan - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Selasa, 04 April 2017

Tingkatkan Pendidikan Pilar Kebangsaan

KARAWANG, PEKA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Dadang S Muchtar, tidak menampik bila pemahaman empat pilar kebangsaan mulai pudar di kalangan pelajar Karawang. Terlebih dengan perubahan jaman dengan teknologi tinggi, sehingga mengancam generasi bangsa di masa depan. Oleh karenanya, mantan Bupati Karawang ini meminta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang mewajibkan kepada pelajar untuk hapal dan memahami Pancasila, UUD, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Drs. H. Dadang S. Muchtar
“Tidak bisa menampik lagi memang sekarang kenyataan pelajar kurang memahami pilar kebangsaan. Disini lah tugas Dinas Pendidikan supaya menambahkan waktu untuk pelajar pilar kebangsaan,” kata Dasim sapa akrabnya, saat melaksakanan Rapat Dengar Pendapat Pancasila, UUD, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika di Rengasdengklok belum lama ini.

Menurut Dasim, bila dibandingkan dengan beberapa tahun lalu di tiap ruang kelas ada lambang Pancasila yang dipasang di dinding. Kemudian ada peta Indonesia dan atribut-atribut yang nasionalisme di pasang.

“Tapi sekarang sudah jarang ada yang memasang lambang Pancasila diruang kelas. Mungkin ada, tapi sebagian kecil. Ini yang menjadi catatan untuk sekolah dan dinas,” kata Dasim lagi, yang diserukan ke peserta guru-guru di sekolah.

Ia mengatakan, Pancasila dan Undang-Undang harus sudah ditalar oleh pelajar. Setelah hapal dapat dipahami maknanya. Selanjutnya dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari sebagai warga negara yang baik. Pasalnya dalam Pancasila sudah diatur dalam tatakrama, sopan santun dan lain sebagainya.

“Nantinya bisa meminimalisir terjadinya tawuran pelajar dan tindakan kriminal lain yang dilakukan pelajar. Khususnya di Karawang,” ujarnya.

Dengan demikian, pria yang duduk di komisi II DPR ini mengharapkan pihak sekolah dapat menyampaikan pilar kebangsaan kepada pelajar supaya di pahami dan di aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Wabilkhusus untuk guru kewarganegaraan agar bisa menyampaikan ke pelajar. Juga atribut-atribut bisa di pasang di ruang kelar, guna pelajar mengetahuinya,” pesanya.

Pemaparan wakil rakyat ini diamini sejumlah guru di wilayah setempat yang menjadi peserta rapar dengar empat pilar. Pesan wakil rakyat ini dapat akan direalisasikan sejumlah tenaga pendidik untuk kebaikan bersama.#oca-nv.
Posting Komentar