Karawang. - Pemerintah Kabupaten Karawang, menyatakan seluruh sekolah negeri di daerah tersebut masih mengalami kekurangan guru pegawai negeri sipil. (23/8/2017).

"Jumlah guru PNS di sekolah negeri masih minim. Bahkan ada sekolah dasar negeri guru berstatus PNS hanya kepala sekolah. Sisa gurunya itu semua honorer," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat Asep Supriatna, di Karawang.

Kurangnya guru PNS di sekolah-sekolah negeri itu akibat banyak guru PNS yang mengalami purnabakti setiap tahunnya tidak sebanding dengan jumlah penerimaan PNS yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Pada tahun ini saja sekitar 200 guru PNS dipastikan akan pensiun. Kemudian pada tahun berikutnya atau 2018, lebih dari 200 guru akan pensiun. Jadi hingga tahun 2020 diperkirakan akan ada sekitar 2.000 guru PNS yang akan pensiun. 

Ia mengakui pemerintah pusat belum melakukan pengangkatan guru PNS untuk jalur umum, setelah sebelumnya pernah dilakukan pada tahun 2014. Pada tahun itu, sekitar 500 guru yang diterima di jalur umum. 

Sedangkan untuk kategori 2 (K2), saat ini menyisakan sebanyak 1.691 guru honorer. 

Asep menyatakan, kekurangan guru PNS di sekolah-sekolah negeri itu mempengaruhi dunia pendidikan di Karawang. Peningkatan kesejahteraan guru menurutnya berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pendidikan. 

Editor:Farida