Tim Saber Pungli OTT Tukang Pungut Uang Sertipikasi Guru

0
Karawang.- Tim Saber Pungli Cianjur, Jawa Barat, tangkap tiga orang terduga pelaku pungli dalam operasi tangkap tangan (OTT) di SDN Gununghalu 1, Kampung Sipon, Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang.(6/8).

Ketua Tim Saber Pungli Cianjur, Kompol Santiaji Kartasasmita, di Cianjur, Minggu, mengatakan, terungkapnya pungutan yang dilakukan tiga orang oknum tersebut setelah mendapat laporan warga, terkait adanya pungli yang dilakukan pengurus PGRI Cabang Ciranjang terhadap guru SD.

"Oknum tersebut memungut uang Rp100 ribu dari guru SD terkait dana sertifikasi yang akan diterima. Setelah mendapatkan laporan tim Saber Pungli Satreskrim Polres Cianjur, mendatangi SDN Gununghalu dan melakukan OTT terhadap pelaku," katanya.

Ketiganya RD (55) PNS yang bertugas mengumpulkan dana, AS (54) yang merupakan bendahara PGRI Cabang Ciranjang serta RNH belum diketahui identitas lengkapnya."Ketiga orang tersebut kami amankan, setelah melakukan OTT dan membawanya ke Mapolres Cianjur untuk diperiksa," katanya.

Dari tangan pelaku ungkap dia, Tim Saber Pungli menyita uang sebanyak Rp 6,4 juta dan buku bukti rekapitulasi uang masuk dari para guru."Bukti-bukti sudah kami amankan termasuk daftar nama-nama guru yang telah menyerahkan uang," katanya.

sebelumnya pungutan liar yang berhasil diungkap Tim Saber Pungli di lingkungan pendidikan terjadi beberapa watu lalu, tim melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap tiga orang oknum di lingkungan SMK swasta.

Dari tangan pelaku petugas mengamankkan uang iuran dan setoran sebesar Rp 50 juta dari sejumlah SMK swasta yang akan disetorkan untuk seseorang dengan dalih untuk rapat kordinasi.

Sumber: Antara
Posting Komentar