Karawang,. Sukses melepas 11 siswa kuliah di China dari program beasiswa perusahaan otomotif di tahun- tahun sebelumnya, SMK PGRI Telagasari kembali lepas para alumni angkatan 2016/2017 kemarin ke Universitas Chia Nan Pharmatology Taiwan pada 4 September lalu. Selama 4 tahun kedepan, Para lulusan SMK Rujukan nasional di Karawang ini, akan menempuh perkuliahan strata 1 yang semua akomodasinya ditanggung Pemerintah Taiwan.(24/9).

Wakasek Hubungan Industri SMK PGRI Telagasari, Yan Yan Sopyan ST mengatakan, sukses mendapati beasiswa hasil seleksi ketat, siswa lulusan SMK PGRI Telagasari kembali melepas 14 siswa dari total 302 se Indonesia, berkuliah di Taiwan pada 4 September lalu, ini merupakan kesekian kali pihaknya terbangkan alumninya menempuh pendidikan di Luar negeri seperti China, Malaysia bahkan ancang- ancang persiapan ke Jepang. Dari hasil seleksi yang digelar jauh sebelum UN,  dipilih 14 siswanya untuk berkuliah tahun ini dengan pelepasan langsung simbolis oleh Ketua PD PGRI Karawang 4 September lalu. Selama menempuh S1 di Taiwan, para alumnusnya ini akan ditanggung biaya akomodasi, uang saku, asuransi kesehatan, asrama, makan dan penunjang pendidikan lainnya atas kerjasama bilateral antara Indonesia - Taiwan. Disana sambung Yan yan, ke 14 siswanya ini berkuliah di Kampus Universitas Chia Nan Pharmatology dengan fakultas Teknik dan Fakultas manajemen." Ke 14 siswa kami sudah dilepas pada 4 September lalu ke Taiwan, simbolisnya sama ketua PGRI Karawang," ujarnya. 

Yan Yan menambahkan, mendapati beasiswa berkuliah ke luar negeri bukanlah hal mudah, karena selama proses tahapan seleksinya sendiri cukup ketat, mulai tes tulis, medikal chek up, fisik hingga penguasaan bahasa Inggris sebanyak 350 Toefl harus dilalui.
Terlepas dari hal itu semua, semoga program ini bisa terus berjalan atas kerjasama yang baik antara unit kerja dilingkungan SMK PGRI Telagasari dengan pihak ekatrnal. Besar harapan pihak sekolah,  agar para siswa yang kuliah di Taiwan maupun yang magang di Jepang kembali ke tanah air dengan membawa modal wawasan dan bisa memperluas lapangan kerja baru hingga menyerap para lulusan SMK PGRI Telagasari yang belum tersentuh dunia industri. " Semoga sukses dan pulang membawa modal wawasan dan serapan tenaga kerja ditempat mereka tinggal, " Ungkapnya.
Pewarta;Ruri
Editor: Farida