BKKBN Sediakan Pelayaban KB Gratis

0
Pewarta: OCA

KARAWANG-.Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Karawang mencatat sudah 70 persen masyarakat mengikuti program keluarga berencana (KB).

Pasalnya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk menekan laju pertumbuhan penduduk sudah meningkat dibandingkan sebelumnya.

Kasi Advokasi BKKBN Karawang, Juhro, mengatakan.“Sudah 70 persen masyarakat Karawang ikut KB, karena kita punya kader-kader KB sampai tingkat RT di Karawang,” katanya.

Hasil gambar untuk BKKBNMenurut Juhro, BKKBN menyediakan KB gratis untuk masyarakat tidak mampu melalui Puskesmas atau Posyandu.Sehingga masyarakat dapat melakukan KB ditempat terdekat.“Baik melalui suntik, pil, non hormonal dan lain sebagainya,” ujarnya.

Lanjutnya, KB sendiri ada jenis-jenisnya.  Ada jangka pendek dari tiap bulan, atau tiga bulan sekali dan ada juga jangka panjang tiga tahun sampai 10 tahun.

“Kita targetkan dua anak cukup, sehingga masyarakat sendiri bisa memahami untuk mengatur usia anak. Selanjutnya melakukan KB untuk menjaga laju pertumbuhan penduduk yang semakin padat,” bebernya.

Bila tidak ada KB,Juhro menyebutkan akan semakin padat. Bahkan Indonesia sudah ratusan juta sampai saat ini. Namun demikian, Juhro memberikan imbauan agar masyarakat mengikuti program KB.
“Program KB bisa ditentukan sesuai keinginan. Bahkan ada juga KB untuk laki-laki saat ini,” tandasnya.

Editor: Farida
Posting Komentar