BUMDES Rukun Sejahtera Karawang Pamerkan Hidroponik

0
Karawang,- Disela- sela kegiatan Pelayanan Terpadu Kecamatan Lemahabang, Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes) Rukun Sejahtera Desa Lemah Abang Wadas pamerkan aneka tanaman holkikultura dan sayurannya yang di tanam dengan polyblack dan hidroponik.(7/10).

Dikatakan Direktur Bumdes Lemahabang, Dede Tarja, sebernarnya Bumdes yang dikelolanya banyak varian sektornya yang digarap, mulai usaha pengelolaan sampah dengan bank sampah hingga sektor agricultur.Sebut saja Hidroponik, metode tanam sayuran yang mengandalkan air, paralon dan  komposnya ini,  mulai banyak digandrungi masyarakat, utamanya yang kurang memiliki kebun pekarangan rumah yang luas. Karena, dengan sistem hidroponik ini, tanaman seperti Fak Cay dan selada bisa tumbuh normal tanpa harus ditanan di tanah, sehingga produktifitas sayuran dan tanaman holkikultura organik ini bisa dimanfaatkan oleh setiap KK yang hendak ingin mengetahui lebih produk unggukan BUmdes yang menjalin kerjasana bareng petani ini." Hidroponik banyak yang ingin mengetahui, ini mulai di gandrungi, makannya kita terus kembagkan di Bumdes ini," Ungkapnya.

Lebih jauh Dede menambahkan,  Bumdes Lemahabang yang berkantor di Dusun Krjan RT 21/06 ini, di sektor agrikultur kelola hidroponik, organij dan kompos, disamping menyediakan bibit dan perlengkapan belajar Hidroponik dan paket pembelajaran hidroponik bagi pemula. Diharapkan, sebut Dede, pengelolaan dan pemasaran hasil Pertanian industri rumahan ini bisa di.manfaat kan masyarakat, utamanua di pekarangan- pekarangan rumah." tanam sayuran dengan media Polybag dan hidroponik kita sediakan, termasuk kelengkapan belajar Hidroponiknya," Ungkapnya.

Kasie Pemeliharaan lahan dan pengelolaan air Distanhutbunak, H Edi Suryana mengapresiasi sektor pertanian dibidik kaula muda masuk dalam program Bumdes. Melihat peluang yang ada ditengah keterbatasan lahan,tanaman sayuran, palawija dan holkikultura bisa menjadi andalan, apalagi metode tanamnya yang semakin kreatif seperti Hidroponik.Ini bisa menambah lahan baru buatan untuk bercocok tanam yanf bisa mendongktak produksi sayuran, betapapun dipekarangan rumah yang sempit. Ia berharp, Bumdes lainnya bisa meniru Bumdes yang mulai sentuk sektor pertanian dan holkikultura. " sangat apresiasi, ini bagus dan patut ditiru untuk pengembangan produksi sayuran di Karawang," Pungkasnya.

Pewarta: Ruri
Editor: As.
Posting Komentar