Karawang.- Sejumlah jenderal purnawirawan turut bergabung dengan Partai Berkarya yang didirikan Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto). Sebut saja eks Menko Polhukam Laksamana (purn) Tedjo Edhy Purdijatno dan eks Danjen Kopassus Mayjen (purn) Muchdi Purwoprandjono hingga eks Komandan Pusat Polisi Militer Mayjen (purn) Syamsu Djalal.


Dari situs resmi Berkarya, Muchdi menempati Ketua Dewan Kehormatan, Tedjo menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan. Sedangkan, Syamsu menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat.

"Beliau (Tedjo) sangat sudah bergabung di kami menjadi Ketua Dewan Pertimbangan partai kami. Pak Muchdi sebagai Ketua Dewan Kehormatan," ujar Ketum Berkarya Neneng A Tutty di Masjid At-Tin, Jaktim, Jumat (13/10/2017).

Selain dua nama itu, Berkarya juga diisi oleh kader yang dulunya berkarier di PDIP, NasDem, Hanura, dan Golkar. Bahkan, eks politikus Golkar Abdullah Puteh akan bergabung.

"Oh, sudah banyak banget. Salah satunya yaitu Pak Tedjo dan Pak Abdullah Puteh. Banyak jenderal-jenderal yang nggak bisa saya sebutin namanya," kata Neneng.

Neneng menampik apabila Berkarya menjadi kompetitor Partai Golongan Karya (Golkar). Sebelumnya, Tommy memang pernah berkarier di Golkar.

"Bukan bersaing, memang partai berkarya itu tumbuh dari kecil tapi karena militansinya sehingga dalam 1 tahun percepatan pembentukan cepat sekali," paparnya.