Karawang. - DPD Partai Hanura Jawa Barat memberikan sinyal kuat untuk mendukung Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil sebagai kandidat calon gubernur di Pilgub Jawa Barat 2018 karena faktor keunggulan elektabilitas dan kapabilitas dari pria yang akrab disapa Kang Emil ini.


"Aspek keterpilihan, tentu sosok Ridwan Kamil sangat menjanjikan untuk memenangi Pilgub Jabar. Kami tentu melihat dari respons masyarakat, nama Kang Emil cukup disukai di banyak daerah di Jawa Barat," kata Wakil Ketua DPD Partai Hanura Jawa Barat Egi Hergiana, di Bandung, Rabu.

Keputusan Egi ini berseberangan dengan pernyataan Ketua DPD Partai Hanura Jawa Barat Aceng Fikri yang belakangan ingin disandingkan dengan calon gubernur Jawa Barat yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi.

Egi menjelaskan, selama beberapa bulan terakhir, DPD Partai Hanura Jawa Barat telah memantau sejumlah nama bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat seperti nama yang muncul, beberapa telah berkomunikasi.

Akan tetapi, lanjut dia, dari hasil komunikasi dengan sejumlah kader Partai Hanura di kabupaten dan kota di Jawa Barat, pembahasan ringan banyak tertuju pada nama Ridwan Kamil. 

Oleh karena itu, sebagian besar kader Partai Hanura di Jawa Barat menanyakan perkembangan posisi partai yang saat ini memiliki 3 kursi di DPRD Provinsi Jawa Barat itu.

"Kader Partai Hanura kabupaten dan kota sih mereka menanyakan sejauh mana kemungkinan DPD Partai Hanura Jawa Barat bisa mengusung tokoh yang sedang popular sebagai calon kuat gubernur, terlebih memiliki elektabilitas yang hampir tak tergoyahkan, seperti, ya, Kang Emil," kata Egi.

Menurut dia dalam pembicaraan dengan sejumlah kader Partai Hanura kabupaten dan kota di Jawa Barat dan mereka telah menakar sejumlah nama tokoh. 

Nama yang wajib diusung oleh Partai Hanura adalah tokoh yang berpotensi mengangkat potensi daerah, agar kemajuan tidak hanya dirasakan oleh Kota Bandung, atau wilayah Jawa Barat yang ada di area penyangga Provinsi DKI Jakarta.

"Dan tentu aspirasi kader di daerah ini yang menitipkan kepada kami, di DPD Partai Hanura Jawa Barat, agar menetapkan calon gubernur yang jauh dari masalah hukum, populer, gaya kepemimpinan yang masuk ke semua kalangan, dan cakap dalam mengelola pemerintahan,," kata Egi.

Ia menuturkan selain mempertimbangkan masukan dari kader Partai Hanura di Jawa Barat, pihaknya juga melihat perkembangan respons publik Jawa Barat pada Ridwan Kamil yang cukup baik. 

Lebih lanjut ia mengatakan pemberitaan dan publikasi sosok Emil tentang program-program Pemerintahan Kota Bandung membuat warga daerah lain di Jawa Barat menginginkan hal yang sama.

"Kita semua kan bisa lihat, bagaimana reaksi warga saat mendapat taman baru yang modern, fungsi ruang terbuka yang maksimal, belum lagi program kerakyatan seperti Layad Rawat yang jemput bola layanan kesehatan, respons di media sosial kan banyak warga yang kabita," ujarnya.

Sehingga, kata dia, aspirasi kader Hanura dan warga Jawa Barat ini menjadi dasar pertimbangan DPD Partai Hanura Jawa Barat pada Ridwan Kamil.

"Para kader Partai Hanura Jawa Barat berharap, Ketua Umum DPP Partai Hanura Pak Oesman Sapta Odang bisa mempertimbangkan Ridwan Kamil sebagai calon kuat Gubernur Jawa Barat 2018-2023, demi kebesaran Partai Hanura di Jawa Barat," kata dia.

Sumber: Antara