BANDUNG-Progress penyelesaian pembangunan Tol Soreang- Pasir Koja (soroja) yang ditargetkan bisa diresmikan pada akhir November 2017 mendatang sudah memasuki tahap akhir. 
Berdasarkan pantauan, tol sepanjang kurang lebih 10 kilometer tersebut sudah bisa dilewati, nampak pondasi, pembatas jalan dan gerbang tol pun sudah kokoh berdiri. Hanya tinggal pemasangan marka jalan, Penerangan Jalan Umum (PJU), pemasangan CCTV, dan finishing lainnya. 
Termasuk dua bangunan Masjid yang semula alot pembebasan lahannya, namun saat ini kedua masjid tersebut, pasca dibebaskan lahannya, sudah mulai kembali dibangun dengan luas bangunan yang lebih luas dari sebelumnya, yakni yang asalnya 200 meter persegi, kini menjadi 700 meter persegi. 
Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa yang meninjau langsung kesiapan Tol Soroja mengatakan, pihaknya optimis setelah melihat kondisi terakhir di lapangan, penyelesaian pengerjaan kelengkapan jalan tol akan mampu diselesaikan sebelum akhir November 2017. 
"Alhamdulillah posisinya sesuai dengan yang dilaporkan, yakni 98,88 persen,  yang tinggal 1,12 persen tinggal lain-lain yang menyangkut marka, pju, pintu, dan beberapa lainnya termasuk drainase. Tapi secara umum struktur sudah selesai 100 persen, " ungkap Iwa saat meninjau Tol Soroja, di Soreang, Kabupaten Bandung.
Ia pun berharap, penyelesaian bisa mencapai 100 persen sebelum akhir November sehingga pada awal Desember 2017 Tol bisa langsung digunakan. 
"Jadi sebelum tim pusat turun, untuk peresmian, tentu kami dari pemerintah provinsi membantu sepenuhnya," katanya. .