Inilah Potret Kesehatan Pesisir Karawang Utara

0
Karawang-.Siapa orangnya yang tak inginkan dirinya hidup selalu sehat walau sangat mahal harganya dan buktinya tak sedikit orang rela membayar ratusan juta untuk berobat semalah segudang orang berduit rela keluarkan kocek banyak demi sembuh dengan pergi keluar negeri.

Tirtajaya adalah sebuah kecamatan paling utara di Kabupaten Karawang,saat ini dibilang sudah ada kemajuan bidang IPM nya.Karena kali ini sudah berdiri sejumlah sekolah menengah termasuk hadirnya gedung puskesmas yang bagus,banyak pula rumah milik warga asli setempat yang terlihat mewah dan yang lebih menarik bidang kesehatan.Pasalnya,diwaktu dulu di sepanjang irigasi atau solokan yang berada di wilayah Desa Tambaksari dan Tambak Sumur berderet jamban-jamban yakni tempat pembuangan hajat dipinggir irigasi namun kali ini hal tiada tanpa bekas.

Selain telah tiadanya jamban-jamban tersebut lalu untuk di halaman rumah warga pun terlihat asri termasuk dijalan-jalan desa dan raya pun terlihat bersih dan tertata.


Sumarsih (40),sebutkan bahwa kondisi lingkungan dan kesehatan di Kecamatan Tirtajaya ada kemajuan sifnifikan dan terbilang cepat.Pasalnya penerapan pola hidup sehat dan bersih (PHBS) sudah mulai diterapkan sejak 10 tahun silam.

 PHBS wajib diterapkan karena demi kepentingan diri sendiri dan bila secara bersama dijalankan akan berdampak sanitasi lingkungan bagus,ujar ibu beranak satu ini.

Gerakan orang puskesmas sudah dianggap cukup untuk mengajak warga setempat berpola PHBS dan tentunya akan lebih mantap bila Pemkab sudah tuntaskan jalan-jalan yang masih kondisi rusak di desa tertentu yang berada di lokasi di Kecamatan Tirtajaya,jelasnya.
Posting Komentar