Program Lisdes Untuk 233 Dusun di Jawa Barat

0
JABAR-.Pemprov Jawa Barat (Jabar) bersama PT PLN Distribusi Jabar terus berupaya meningkatkan elektrifikasi dengan melakukan penyambungan listrik hingga ke daerah terpencil, seperti di Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya.
Kegiatan dilakukan dengan penyambungan aliran listrik di rumah milik warga yang dihadiri jajaran PLN Jabar dan disaksikan Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar. Sebanyak 233 dusun di Jabar serentak mulai disambung dengan acara simbolis dilakukan di Kabupaten Tasikmalaya.
Penyambungan listrik dilakukan melalui pemasangan sambungan tenaga listrik bagi rumah masyarakat miskin yang terdaftar dalam basis data terpadu tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (BDTTNP2K).
"Hal ini dilakukan untuk pemerataan pembangunan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan rasio elektrifikasi," ujar Deddy Mizwar dalam sambutannya.
Rasio elektrifikasi di Jabar sudah mencapai 98,5% sementara sisanya yang mencapai 1,5% berada di wilayah yang sulit dijangkau karena faktor geografis dan ketentuan masyarakat adat setempat yang masih menolak listrik.
Deddy menambahkan Pemprov Jabar menetapkan program prioritas dimana salah satunya adalah kemandirian energi dan kecukupan air baku. Salah satunya cakupan dan akses listrik bagi masyarakat pedesaan.
"Dengan perluasan jaringan listrik yang dibangun PLN, saya berharap tidak ada lagi lokasi yang belum terjangkau listrik. Saya juga mengingatkan PLN agar selalu memperhatikan ketentuan keselamatan ketenagalistrikan, keandalan dan ramah lingkungan," tutur Demiz. 
Posting Komentar