Untuk Kasus Pencemaran Sungai Citarum Polda Jabar Bakal Tindak Tegas

0

KARAWANG-.Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) akan menangani secara serius kasus pencemaran Sungai Citarum yang saat ini kondisinya sudah mengkhawatirkan.(25/11/2017).

"Untuk penanganan Sungai Citarum ini, nanti akan kita undang pabrik-pabrik atau perusahaan yang berada di bantaran Sungai Citarum," ujar Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto.

Agung mengatakan, Polda Jabar akan menindak tegas setiap perusahaan yang terbukti melanggar aturan dengan membuang limbah secara sengaja ke Sungai Citarum.

Menurutnya, penanganan Sungai Citarum merupakan upaya bersama yang tak hanya melibatkan para pimpinan daerah, akan tetapi keterlibatan perusahaan sendiri sangat vital. Ia menekankan agar perusahaan ikuti seluruh peraturan, karena kehadiran Citarum sangat sentral bagi masyarakat.

"Sebenarnya kita polisi tidak perlu (mengingatkan) asal para pabrik tadi mengikuti aturan yang sudah ada. Dengan begitu Sungai Citarum akan lebih jernih dan akan bermanfaat bagi masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Dirkrimsus Polda Jabar Kombes Samudi mengatakan, dari penyelidikan yang sudah berjalan, terdapat beberapa perusahaan yang telah terbukti melanggar dan telah diproses secara hukum.

"Yang pasti ada lima kasus yang sudah P-21. Itu dari tahun 2016," kata dia.
Posting Komentar