9 Puskesmas Bernilai Dasar dan 1 Puskesmas Madya - PELITA KARAWANG
9 Puskesmas Bernilai Dasar dan 1 Puskesmas Madya

9 Puskesmas Bernilai Dasar dan 1 Puskesmas Madya

Share This
KARAWANG. -  kali pertama di tahun 2017 kemarin, Puskemas digarap akreditasi oleh para asesor fungsional dari Kementrian Keaehatan, Meskipun dari belasan Puskesmas sudah diperiksa dengan 749 item pertanyaaan, namun hasil akreditasinya baru 10 Puskesmas yang sudah keluar dengan nilai tingkat dasar, kecuali Puskesmas Kotabaru yang menyandang status nilai Madya.

Dikatakan Kepala UPTD Puskesmas Lemahabang, H Rasidi S.Km, pihaknya diakreditasi sejak April tahun 2017 kemarin, sementara hasil akreditasinya baru keluar 6 bulan setelah digarap pemeriksaannya. Dari tiga item utama yang dinilai seperti Administrasi, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Usaha Kesehatan Perorangan (UKP), Puskesmasnya bersama 8 Puskesmas lainnya menyadang predikat Dasar. Meskipin predikat ini merupakan terendah dibawah Madya, Utama dan Paripurna, namun akreditasi perdana ini diakui Rasidi, cukup memuaskan, karena bukam saja pemeriksaan, tapi juga menjadi ajang pembenahan diri, evaluasi dan pembelajaran agar akreditasi tiga tahun sekali ini bisa meningkat stepnya kedepan. " 9 Puskesmas dapar peringkat Dasar semua, cuma Kotabaru saja yang Madya " Katanya.


Mantan Kepala Puskesmas Pakisjaya ini menambahkan, kesembilan Puskesmas dengan predikat dasar itu antaralain Puskesmas Lemahabang, Kutawaluya,  Lozi, Tirtamulya, Kotabarau, Pedes, Batujaya, Balongsari, Purwasari, dan  Nagasari. Meskipun standar terendah, Namun, Puskesmas dengan status sudah akreditasi ini berpengaruh dari sisi kesinambungannya, pelayanan dan perencanaannya yang diharapkan bisa lebih baik, sehingga semua hasil akreditasi bisa di evaluasi dan bekerja berdasarkan SOP. " Di nilai selama tiga hari dan kita bisa evaluasi agar pelayanan dasar ini bisa sesuai SOP yang dianjurkan," Katanya.
Posting Komentar
bkd