Pendangkalan Kali Apur Penyebab Banjir di Rengasdengklok Selatan

Karawang. - Seringnya banjir melanda yang disebabkan oleh tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini dan buruknya drainase yang ada, membuat Pemerintahan Desa Rengasdengklok Selatan terus mencari solusi dan penyebab utama hal tersebut terus terulang kembali, salahsatunya dengan melakukan kerjabhakti bersama warga membersihkan gorong-gorong aliran sungai (kali-sebutan warga sekitar) apur yang berada di Dusun Bedeng Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok, Minggu (25/2).

Kepala Desa (Kades) Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok, Darim ditengah-tengah kegiatan mengatakan bahwa saluran air kali apur adalah saluran air yang berpengaruh terhadap lancarnya aliran air dari Desa Rengasdengklok Selatan dan Desa Amansari.

"Jadi penyebab tertahannya aliran air saat hujan datang, sehingga menjadi banjir sesaat itu karena kali apur ini telah mengalami pendangkalan. Kita coba membersihkannya dengan berharap tidak lagi terjadi banjir saat hujan datang," kata Kades Darim.

Masih menurutnya aliran kali apur menjadi penting karena bukan hanya dari Desa Rengasdengklok Selatan saja yang kebanyakan saluran pembuangannya mengalir ke kali apur tetapi aliran kali ini juga menampung pembuangan dari Desa Amansari.

"Jelas banjir yang terjadi akhir-akhir ini dikarenakan pendangkalan yang dialami oleh kali apur, kita bersihkan secara manual, berharap ada campur tangan dari Pemkab Karawang untuk normalisasi kali apur ini agar banjir tak lagi terjadi saat intensitas hujan sedang tinggi," ujarnya.
Posting Komentar