PEMILIHAN ANGGOTA BPD BARU DIPERCEPAT

PELITAKARAWANG.COM- Demi menghadapi hajat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) akhir tahun 2018 ini, Pemkab percepat tahapan Pemilihan personil anggota BPD baru mulai April ini. Meskipun SK sejumlah anggota BPD akan berakhir pada November nanti, pemilihan lembaha mitra desa tersebut akan dilangsungkan pada Juli mendatang.

Kasie Pemerintahan Kecamatan Cilamaya Wetan, H Nurhasan mengatakan, BPD baru akan segera dibentuk, karena regulasi melalui Perbup Nomor 74 tahun 2018 sudah turun dan memgatur teknis tahapannya. Dimana akhir april ini semua Kepala Desa diharapkan sudah bisa menjaring 11 orang kepanitiaan untuk mempersiapkan  pemilihan anggota BPD yang waktunya bulan Juli mendatang. Panitia tersebut harus di SK kan Kades bulan Mei mendatang  dan ditandatangani berita acaranya dengan komposisi 3 orang dari unsur perangkat desa dan sisanya dari perwakilan masyarakat desa. Ketu panitianya sebut Nurhasan, harus dari masyarakat bukan dari perangkat desanya," Sebelum memilih BPD, Kades diminta bentuk panitia terlebih dahulu awal Mei ini komposisinya audah siap dan dan di SK Kan," Katanya.

Pemilihannya sendiri pada Juli nanti, dolakukan dengan musyawarah antar Dusun dengan jumlah maksimal anggota BPD sebanyak 9 orang, dimana dari 9 orang tersebut harus ada keterwakilan perempuannya.Soal anggaran sebut Nurhasan, sama sekali tidak ada belanja yang dialokasikan dalam pemilihan BPD ini, sehingga memungkinkan biaya pemilihan dibebankan pada para calon anggota BPD tersebut." Gak ada anggarannya untuk pemilihan, ya kemungkinan dibebankan kepada calon BPD saja untuk sekedar ngopi dan minum," Katanya.

Diakuo Nurhasan, honor anggota BPD saat ini sudah naik menjadi Rp 750 ribu perbulannya, sehingga besar kemungkinan sejumlah tokoh, baik tokoh agama, tokoh masyarakat hingga pemuda akan banyak yang mencalonkan diri. Untuk itu, diharapkan semua pihak bisa menjaga keamanan di desanya masinng-masing, sebab April ini baru masuk tahapan sosialisasi, karena Mei panitia pemilihan BPD ini sidah harus terbentuk." honor BPD saat ini Rp 750 ribu perbulan, kemingkinan banyak yang minat jadi BPD saat ini," Ungkapnya.
Syarat Calon BPD :

- Usia Minimal 20  

- Pendidikan minimal SMP
- Bersedia di Calonkan
- PNS/TNI /Polri boleh dengan syarat ada izin dari pimpinan.
- Warga asli domisili Desa
Posting Komentar