Diwajibkan PAUD Setahun Sebelum Masuk Sekolah Dasar

PELITAKARAWANG.COM - Usia 4 - 6 tahun tidak menjadi anjuran bahwa anak harus tuntas bersekolah Paud selama 3 tahun berturut-turut. Rentang usia tersebut, Pemerintah hanya wajibkan anak bersekolah Paud sekurang-kurangnya setahun untuk memenuhi dunianya di usia dini.

Penilik Koorwilcambidik Kecamatan Karawang Timur, Unang D Kusmana S.Pd mengatakan, secara nasional yang diwajibkan Paud itu adalah setahun dalam kurun waktu usia 4 - 6 tahun, bisa di Paud, TK, TPQ aupun Kelompok Bermain dalam Satuan Pendidikan Sejenis (SPS). 

Sebab, dalam Permendikbud Nomor 14 tahun 2018 yang baru terbit per 5 Mei kemarin, aturan PPDB mengharuskan anak masuk SD itu usia 7 tahun dan atau 6 tahun saat masuk pertanggal 1 Juni 2018 ini, dibawah itu, maka harus dulu bersekolah Paud. "Wajibnya itu minimal setahun bersekolah Paud, ya ini harus dicanangkan bisa di Paud, TK atau SPS lainnya," Katanya.

Sebab, kemungkinan nanti sebut Unang, ijasah yang dikeluarkan Dinas dan ditandatangani pengelola Paud tersebut menjadi syarat wajib masuk SD, walaupun dengan sekolah atau tidak sekolah paud sebenarnya mengenyam pendidikan SD itu adalah wajib Dikdas yang tak boleh ditolak, namun masyarakat desa dan pemerintah seharusnya mendorong sama-sama anak-anak desa ini masuk Paud agar kualitas pendidikan bisa meningkat di desa-desa." Ijasah Paud bukan tak mungkin jadi poin syarat masik SD," Katanya.

Lebih jauh mantan Kepsek SDN Pasirtalaga 2 ini menambahkan, di Karawang Timur, ada 77 lembaga yang terdiri dari 21 TK, TKQ dan TKIT dan 66 Paud dan SPS, semuanya tersedia dengan fasilitas yang baik dan lebih mapan. Karenanya, semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, apalagi Paud ini lembaganya ini menuju Akreditasi secara bertahap di tahun-tahun berikutnya, jadi sebutnya, selain para pengelola atau pengajarnya yang semangat, lembaga dengan fasilitasnya yang baik juga dan semakin mapan. 

Diharapkan warga dan pemerintah desa bisa mendorong kemajuan Paud, sekurang-kurangnya bisa memasukan anak-anaknya ke lembaga Paud." Semoga bisa sama-sama mendorong kemajuan Paud, dimulai dari keluarga untuk mengaplikasikan Wajib setahun Paud," Katanya

Tidak ada komentar