PELITAKARAWANG.COM - Persatuan Tani Nusantara (Pertanu) melakukan penanaman padi di atas lahan seluas lima hektare sawah di sekitar Pondok Pesantren Annihayah, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang Rabu (9/5).
Persanu merupakan organisasi yang berdiri di bawah Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sehingga Ketua Umum PPP M Romahurmuziy dan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum turun langsung menanam bibit padi unggul dalam kegiatan itu.

Kedua orang itu ikut menanam untuk merasakan langsung beratnya perjuangan petani dalam menghasilkan padi.

Dengan susah payah, Rommy mencoba memasukkan bibit di sawah berlumpur tebal. Ia menggunakan sepatu panjang dan langsung masuk ke tengah sawah di bawah terik matahari siang.

"Saat ini saya langsung merasakan bagaimana beratnya perjuangan petani menanam padi," kata dia.

Ia mengatakan, sawah percontohan ini menggunakan bibit unggul yang dihasilkan peneliti di bidang pertanian. Sawah juga dibagi dua, satu lahan menggunakan pupuk kimia dan satu lagi menggunakan pupuk organik.

"Nanti setelah tiga atau empat bulan akan diketahui seperti apa perbedaan antara yang menggunakan pupuk kimia dan organik. Serta berapa produktivitasnya," kata dia.

Jika hasilnya baik, Pertanu akan mempraktikkannya di berbagai daerah lainnya. Selanjutnya, areal sawah yang akan digunakan untuk mengembangkan bibit unggul ini juga akan semakin luas.

Ketua DPP Pertanu Asgar Ali Djuhaepe menyatakan pihaknya akan terus berusaha mencari solusi bagi sejumlah permasalahan yang dihadapi petani saat ini.

"Salah satu (upaya) adalah dengan mengupayakan bibit unggul," kata dia.

Sementara itu, Uu menyebutkan bahwa selama memimpin Tasikmalaya ia sudah membuat program dan kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Jika terpilih memimpin Jabar, ia akan menjadikan pertanian sebagai salah satu fokus pembangunan yang akan ia lakukan bersama Ridwan Kamil.



Sumber : Antara