Buah dan Sayuran Asli Endemik Karawang Dipamerkan di Bandung

PELITAKARAWANG.COM -  Sayuran dan buah khas Karawang, Turubuk dan Kawista di pamerkan di Trans Mart Studio (TSM) Bandung  selama 3 hari terakhir. 

Selain jadi pusat perhatian dibanding Kabupaten/kota lainnya, dua jenis buah dan sayuran langka dan tumbuh di Karawang ini, juga cukup menyita Plt Gubernur Jawa Barat M Iriawan dan Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat mencicipi makanan olahan buah dan sayur asli endemik Karawang tersebut.

Wawan Syarief, Penyelia tanaman Kawista asal Telagasari, mengatakan, TSM menggelar kegiatan pameran tanaman buah dan sayur etnik endemik Jawa Barat yang didatangkan dari Kabupaten/kota se Jawa Barat . 

Kebetulan, untuk stand Karawang, Kawista dan Turubuk dipilih menjadi buah dan sayuran yang ikut di pamerkan. Sebab, selain etnik endemik yang khusus hanya tumbuh di Karawang, Kawista dan Turubuk ini juga kaya olahannya yang menggugah rasa. Sebab, selain tanaman dan bibitnya yang memenuji stand, olahan makanannya seperti Dodol Kawista , Jus Kawista, Selai Kawista dan Cola Kawista ikut dipamerkan, sementara Turubuk , olahannya seperti NuGet, sayur, keripik dan lainnya tak kalah menyita perhatian para pengunjung TSM." Selain jamur dan tanaman langka yang kami bawa, Khusus endemik Karawang seperti Kawista dan Turubuk, kita pamerkan di TSM ini," Katanya.

Wawan menambahkan, Stand Karawang, bukan saja dikunjungi para wisatawan dan pengunjung yang lalu lalang, tetapi juga secara khusus menyita perhatian Plt Gubernur Jawa Barat dan Sekda Provinsi Jawa Barat. Bahkan kedua-duanya detail menanyakan khasiat dan cara tanam kedua buah dan sayur Karawang ini, termasuk sesekali mengacungkan jempol tanda menikmati kelezatan olahan -olahan makanan yang berbahan dasar Kawista dan Turubuk ini.  

Selain itu, tanaman buah langka dan tumbuh di Karawang, juga ikut ia pamerkan, seperti Black Sapote alias alpukat Amerika. Semuanya sebut Wawan,  disambut baik oleh Para pejabat Pemprov dan kabarnya akan merumuskan kebijakan untuk memperluas pasar dan tanaman -tanaman endemik Jabar ini." Pejabat dan pengunjung lainnya tersita perhatiannya ke Kawista dan Turubuk ini," Katanya.
Posting Komentar