H-1, 15 Parpol Belum Daftarkan Bakal Caleg

PELITAKARAWANG.COM - Pendaftaran bakal calon anggota legislatif atau bacaleg di KPU dimulai sejak tanggal 4 hingga 17 Juli 2017. Namun hingga H-1 tenggat waktu, Senin 16 Juli ini, dari 16 partai nasional peserta pemilu 2019, hanya Nasdem yang telah mendaftar.

Hingga Senin sore, pihak KPU awalnya masih menunggu konfirmasi sejumlah partai. Namun beberapa sudah membatalkan dan memilih hari terakhir pada Selasa 17 Juli 2018 besok untuk mendaftarkan para bacaleg yang diusung.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, meski hingga hari ini dipastikan tidak ada lagi yang mendaftar setelah Nasdem namun dia mengatakan untuk pendaftaran besok yang baru melakukan konfirmasi adalah PDI Perjuangan.

"Yang sudah menyurati resmi PDIP, mereka datang jam 13.30 WIB," kata Ilham dalam keterangan pers di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol Menteng Jakarta, Senin 16 Juli 2018.
Meski begitu, dia berharap partai politik bisa menaati Peraturan KPU yang sudah memutuskan jadwal pendaftaran caleg. Jika memang hingga pukul 24.00 WIB Rabu besok ada yang tidak mendaftarkan maka lanjut Ilham, partai itu tidak mengirimkan calegnya.
"Tidak ada kompensasi waktu. Kita sudah tetapkan dalam PKPU bahwa pendaftaran 4 hingga 17 Juli," katanya.
Menurutnya, kalau pun partai politik merasa berkas belum lengkap, lebih baik para bacaleg didaftarkan terlebih dahulu mengingat masih ada pemberian waktu untuk perbaikan berkas. Namun mayoritas partai yakni 15 parpol tersisa dipastikan akan mendaftarkan nama-nama bakal calegnya pada hari terakhir besok.
"Harus semua besok karena hari terakhir. Besok kita begadang," ujar Ilham lagi.

Sementara itu, Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mochammad Afifuddin, yang turut melakukan pengawasan mengatakan, memang sesuai jadwal ada Nasdem adalah PSI. Meski begitu, ia berharap partai-partai lain bisa mendaftarkan bakal calegnya segera esok hari.
"Sehingga tidak membuat tahapan-tahapan terganggu. Kalau ada berkas yang kurang lengkap kan ada masa perbaikan," kata Afif.



Sumber : viva
Posting Komentar