PELITAKARAWANG.COM- Fenomena tindak kejahatan kerap menghantui jemaah haji Indonesia selama di Tanah Suci. Kasusnya adalah pencopetan. Uang jemaah haji raib, padahal sudah berada di saku paling aman.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Ahmad Dumyati mengatakan kasus pencopetan kerap terjadi setiap musim haji. Jemaah diminta waspada.

"Ada kasus pecopetan. Ada seorang ibu-ibu yang diambil hp-nya. Uangnya saat itu aman," ujar Ahmad Dumyati usai memyambut jemaah haji di Al Kiswah Towers Hotel, Mekah, Kamis 26 Juli 2018.

Dumyati meminta jemaah haji yang mengalami kejadian tak menyenangkan seperti pencopetan segera melapor kepada petugas haji ataupun petugas keamanan.

"Kalau pengaduan banyak ke penitia urusan haji, langsung diurus. Jemaah haji catat nomer call center penting." ujar Ahmad Dumyati

Ahmad Dumyati memberi data terbaru bahwa ada banyak pengaduan selama jemaah haji di Madinah. "Sejauh ini pengaduan yang masuk sekitar 100-an. Kasus banyak kesasar,  untuk pencopetan kita akan koordinasi dengan pihak keamanan di Masjidil Haram," ujar Dumyati.#viva