PELITAKARAWANG.COM - Ratusan ribu jemaah haji Indonesia sudah tiba di Tanah Suci. Mereka disambut panasnya cuaca di negeri Timur Tengah itu. Kondisi cuaca yang berbeda dengan tanah air membua sepuluh persen jemaah haji  tanah air mengalami heat stroke.

Hal itu diungkapkan Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia Nirwan Satria saat ditemui di kantor KKHI di kawasan Mekah.

"Berdasarkan data yang kami kumpulkan, sepuluh persen jemaah yang masuk alami heat stroke. Jemaah yang masuk Mekah sudah 100 ribuan," ucap Nirwan, Minggu 5 Agustus 2018.

Heat stroke sendiri adalah penyakit kekurangan cairan alias dehidrasi. "Tapi dehidrasi dengan tingkat paling tinggi," ucap Nirwan.

Untuk itu, Nirwan mengimbau jemaah Indonesia lebih rajin mengonsumsi air putih yang disediakan pihak pemondokan. Jemaah jangan terlalu khawatir pergi ke toilet.
"Mereka masih berpikiran nanti kalau banyak minum akan sering buang air kecil. Pentingkan kesehatan diri sendiri," ucap Nirwan.
Nirwan mengatakan, perjalanan haji jemaah Indonesia masih panjang dan membutuhkan tenaga yang prima agar bisa lancar melaluinya. Dia juga berpesan jemaah harus makan tepat waktu dan rajin mengonsumsi vitamin serta buah.
sumber : viva.co.id