Kasus Dugaan Pungli, Kades Ciptamarga Hanya Dipintai Keterangan

PELITAKARAWANG.COM - Hanya dalam kapasitas memberi keterangan pada kasus  dugaan pungutan liar (Pungli) dengan modus pemotongan dana bantuan PKH dengan dalih tabungan, di koperasi simpan pinjam Marga Rahayu, yang dilakukan oleh oknum pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), AP kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Ciptamarga, Kecamatan Jayakerta, sehingga dirinya ikut hadir pada pemerikasaan terhadap AP di Mapolres Karawang, beberapa waktu lalu. Hal tersebut diutarakan Kepala Desa Ciptamarga, Cecep Hambali, saat berhasil ditemui dikediamannya, Jumat (17/8).

“Waktu itu saat saya datang ke kantor desa memang sudah ada mobil polisi, waktu itu ada pak Camat, ada pak Sekcam termasuk ada pak Didi dan beberapa orang lainnya. Saya saat itu langsung diarahkan oleh pak Didi untuk masuk dan ikut mobil polisi tersebut, dan saya ikut ke mapolres dan hanya memberikan keterangan saja,” jelas Cecep Hambali.

Cecep dengan tegas menolak bahwa dirinya tertangkap Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim saber pungli Karawang, pasalnya pada saat dirinya tiba dilokasi akunya, belum ditanyai apapun dan hanya diarahkan untuk masuk ke mobil polisi yang tengah siap-siap berangkat.

“Ditanyai tentang seputar kegiatan saya di desa, tugas pokok serta fungsi Kades,” katanya.

Keterkaitan dirinya dengan kegiatan PKH yang dianggap menyalahi aturan tersebut diawali saat AP oknum pendamping PKH Desa Ciptamarga datang padanya untuk menyampaikan niatnya untuk membuat sebuah koperasi. Dan menurut Cecep saat itu, selama baik untuk warganya, ia tidak akan berkeberatan.

“Sosialisasinya saat itu bukan rapat khusus anggota atau peserta PKH, tetapi rapat minggon desa yang sekaligus digunakan untuk mensosialisasikan pembentukan koperasi itu. Kata AP juga ke saya saat itu bahwa dasar pembentukan koperasinya tengah diurus lalu terbentuklah koperasi itu tanpa campur tangan saya,” pungkasnya.

Sementara itu menurut informasi yang didapat, kasus  dugaan pungutan liar (Pungli) dengan modus pemotongan dana bantuan PKH dengan dalih tabungan tersebut, masih dalam tahap pendalaman dengan diperiksanya 8 orang peserta PKH Desa Ciptamarga untuk dimintai keterangannya yang berlokasi di Kecamatan Jayakerta, Jumat (17/8).
Posting Komentar