PELITAKARAWANG.COM- Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Yuke Yurike, menilai Ahmad Heryawan punya kemampuan menjadi wakil gubernur DKI Jakarta untuk menggantikan Sandiaga Uno. Alasannya, figur yang akrab disapa Aher itu berpengalaman baik di bidang eksekutif maupun legislatif.

"Kalau Aher kan pengalaman di eksekutif dan legislatif. Saya rasa kemampuannya sih rada mumpuni," kata Yuke kepada wartawan, Minggu, 26 Agustus 2018.


Yuke mengakui posisi pengganti wakil gubernur DKI Jakarta yang kosong merupakan hak wewenang dari partai pengusung Gubernur DKI Anies Baswedan yakni Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera. Maka, tergantung dua partai itu nanti mengusulkan nama siapa untuk mengisi posisi tersebut.


"Cuma itu kan usulan dari partai pengusung yang diajukan nanti ke gubernur, DPRD meneruskan prosesnya saja," kata dia lagi.


Selain itu, Yuke berharap siapapun yang nanti diusulkan dan disepakati untuk menjadi pengganti Sandiaga bisa langsung kerja sama dan bisa langsung klop dengan semua pihak, baik eksekutif jajaran Pemerintah Provinsi DKI maupun legislatif dan pihak lainnya.


"Jangan sampai posisi kosong kelamaan sehingga program kerja yang bisanya dibawah tanggung jawab Wagub terbengkalai, kasihan juga Gubernur kalau kerja sendiri. Tolong kedepankan kepentingan kemajuan DKI, jangan dipolitisir. Apalagi menjelang pemilu serentak dan jangan sampai ganggu jalannya pemerintahan, program-program harus berjalan sesuai perencanaan," tutur dia.


Yuke menambahkan DPRD DKI Jakarta akan menggelar rapat paripurna pengunduran diri Sandi sebagai wakil gubernur DKI pada Senin, 27 Agustus 2018, besok. Mereka akan mendukung proses ini dengan baik karena yang terpenting adalah kepentingan masyarakat Jakarta.


"Program pemerintah harus berjalan, penyerapan anggaran dapat terserap dengan baik karena ini sudah kwartal ketiga. Jadi saya harap Pemprov DKI juga fokus untuk ini, sambil kita tunggu wagub pengganti Sandi," katanya.


Posisi wakil gubernur DKI Jakarta kosong pasca pengunduran diri Sandiaga Uno. Salah satu nama yang mengemuka sebagai pengganti Sandi yang memilih maju menjadi bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilu Presiden 2019 adalah Aher.


Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, Anies-Sandi diusung dua partai politik yakni Partai Gerindra dan PKS. Oleh karena itu, mereka berhak mengusulkan nama pengganti Sandi.