• Breaking News

    Natala Sumedha Inginkan Tradisi Sedekah Bumi Jadi Magnet Wisatawan

    PELITAKARAWANG.COM - Warga Kampung Tegal Koneng,  Kelurahan Mekarjati Kecamatan Karawang Barat menggelar Sedekah Bumi,  Kamis (16/8/2018). Acara yang digelar setiap tahunnya itu dilaksanakan seusai panen musim. 

    "Ini sebagai rasa syukur kami setelah panen. Sedekah bumi digelar warga setiap tahunnya, "kata Enon sesepuh Kampung Tegal Koneng. 

    Enon mengungkapkan, Sedekah bumi ini dilakukan sudah turun temurun sebagai ungkapan rasa syukur kepada yang maha kuasa dengan hasil panen yang diperoleh. Dan untuk menyambut masa tanam yang akan datang agar tidak gagal panen. 

    "Semoga harga panen tinggi, warganya juga sehat dan warga mudah mendapatkan pekerjaan, "katanya 

    Kegiatan Sedekah Bumi diawali memanjatkan doa bersama sebelum membentuk iring-iringan membawa hasil bumi. Sebelum ke makam leluhur mereka terlebih dahulu keliling kampung sambil diiringi tabuhan rebana. Sampai di sebuah pemakaman rombongan memanjatkan doa bagi para leluhur. 

    Natala Sumedha,  salah seorang Anggota DPRD Karawang yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, tradisi yang dibuat warga ini harus dilestarikan."Tradisi ini harus dilestarikan. Kondisi seperti ini di lapangan harus di syukuri karena kearifan lokal masih dipelihara, dan memunculkan guyub di tengah masyarakat, "katanya. 

    Menurutnya,  tradisi ini harus tetap dijaga dan mendapatkan perhatian dari pemerintah. Karena kebudayaan seperti ini dapat menyumbang pendapatan daerah dengan mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara."Ini bisa menjadi salah satu daya penarik wisatawan terbukti dihadiri oleh wisatawan asing dari Jepang.  Kita harus dorong dengan peraturan daerah, "ujarnya.
    Posting Komentar


    Post Bottom Ad