BMKG:Waspadai Angin Kencamg dan Gelombang Tinggi di Perairan Tinggi

PELITAKARAWANG.COM-.Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi peringatan dini atas potensi terjadinya angin kencang dan gelombang tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia pada Minggu, 30 September 2018.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi www.bmkg.go.id, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir berpotensi terjadi di wilayah Simeulue, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Bakongan, Pulau Banyak, Subulussalam, Aceh Tengah, Tangse, Pidie Jaya, Bener Meriah, Banda Aceh dan sekitarnya.

Angin kencang juga berpotensi terjadi di perairan Utara Bali serta gelombang tinggi yang dapat mencapai dua meter atau lebih di utara Laut Bali, Selat Bali bagian selatan, Selat Badung bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan dan Samudra Hindia bagian selatan Bali.

Di wilayah Kabupaten Pandeglang dan Lebak bagian selatan potensial terjadi angin kencang, dan di wilayah perairan Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten dan Samudera Hindia selatan Banten berpotensi terjadi gelombang tinggi.

Sementara itu untuk wilayah perairan Bengkulu-Enggano serta Samudera Hindia sebelah barat Bengkulu diperkirakan terjadi gelombang tinggi air laut berkisar 3,0-3,5 meter.

Gelombang cukup tinggi juga berpotensi terjadi di Selat Sunda bagian utara setinggi 1,25-2,5 meter; dan Selat Sunda bagian selatan, perairan barat Lampung, Samudera HIndia bagian barat Lampung setinggi 2,5-4,0 meter.

Serta gelombang mencapai lebih dari dua meter di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Laut Sumbawa, perairan selatan Sumbawa, Samudera Hindia bagian selatan NTB, dan Selat Sape.

Sumber:Metrotvnews
Posting Komentar