Ini Adalah Penyebab Asam Urat Menyerang Di Usia Muda

PELITAKARAWANG.COM-Berdasarkan survei WHO, disebutkan bahwa Indonesia merupakan negara terbesar ke 4 di dunia yang penduduknya menderita asam urat.Survei badan kesehatan dunia tersebut menunjukkan rincian bahwa di Indonesia penyakit asam urat 35% terjadi pada pria usia 34 tahun ke bawah.(03/10/2018).

Berdasarkan jurnal penelitian Best Practice & Research Clinical Rheumatology pada tahun 2010, terdapat 4683 orang dewasa terkena penyakit asam urat dan hiperurisemia yang terjadi pada pria.Untuk asam urat yaitu sebesar 1,7% dan untuk hiperurisemia yaitu sebesar 24,3%.

Dan untuk hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013, diketahui bahwa penyakit asam urat termasuk memiliki prevalensi tertinggi mencapai 24,7%. Jumlah itu merupakan peringkat dua dengan selisih sedikit dibawah hipertensi dengan prevalensi 25,8 %.  

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh konsumsi zat purin secara berlebihan, zat purin yang berlebih ini yang akan membuat kadar asam urat berlebih, dimana ginjal yang tidak lagi mampu mengeluarkan kelebihan kadar asam urat tersebut justru malah membuat penumpukan kristal di daerah persendian, yang akhirnya membuat sendi terasa nyeri dan bahkan sampai timbul benjolan.

Sedangkan menurut Depkes RI, Gout atau asam urat adalah penyakit yang dimana terjadinya penumpukan asam urat dalam tubuh secara berlebihan, baik itu akibat produksi yang meningkat, pembuangan melalui ginjal yang menurun, maupun akibat peningkatan asupan makanan kaya purin. Asam urat juga terjadi ketika cairan tubuh sangat jenuh akan asam urat karena kadarnya yang tinggi.

Meskipun dalam setiap tubuh manusia terdapat asam urat, tetapi menurut ketentuan WHO kadar asam urat memiliki batas normal yang berkisar antara 2 - 7,5 mg/dl untuk laki-laki dewasa dan untuk wanita dewasa berkisar antara 2 - 6,5 mg/dL.
Kenali tanda & gejala klinis penderita asam urat. Gejala yang paling umum yang sering diderita penyakit asam urat adalah :
1.Nyeri pada sendi yang parah dan datang secara mendadak.
2.Kemudian terjadinya pembengkakan pada sendi. 
3.Mengalami kemerahan pada sendi.
4.Bahkan mengalami rasa panas disekitar sendi.
Dalam kasus, secara umum gejala asam urat tersebut biasa nya terjadi secara tiba-tiba, dan tidak dapat diprediksi oleh penderitanya.Sebagian besar gejala asam urat hanya terjadi dalam beberapa jam, sekitar 1-2 hari. Namun pada kasus yang parah, nyeri pada sendi bisa terjadi pada penderita dalam waktu yang berminggu-minggu. 

Annisa Fitrie Ayu Rizqianti 
Ternyata penyakit asam urat ini tidak selalu menyerang orang-orang pada usia lanjut saja, tetapi sekarang anak muda yang di bawah umur 30 tahun sudah memiliki kadar asam urat yang tinggi bahkan terjadi pada pria. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak diperhatikan.Yaitu pola makan anak-anak muda sekarang lebih menyukai makan-makanan yang mengandung purin yang tinggi, contoh nya junkfood sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat didalam darah.Kurang nya asupan sayur-sayuran karena terkalahkan oleh makan-makanan yang siap saji.

Kemudian gaya hidup yang berbeda,sekarang anak muda lebih sering mengkonsumsi minum-minuman yang mengandung soda di bandingkan dengan meminum air putih setelah makan. Kurang berolahraga karena adanya gadjet dan game online sehingga kurangnya beraktivitas fisik. Kemudian ada nya faktor genetik, sehingga tidak diperhatikan asupan makanan nya.Seperti seringnya mengkonsumsi produk hewani seperti jeroan hewan (ginjal, hati, limpa, jantung dan daging merah dari sapi maupun kambing). Olahan makanan hasil laut seperti kerang-kerangan, kepiting, bahkan ikan teri yang biasa diolah dalam berbagai makanan sehari-hari memiliki purin paling tinggi.Karena makanan yang mengandung purin tinggi umumnya memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, sehingga mereka yang paling banyak mengkonsumsi nya juga akan lebih cepat terkena serangan penyakit asam urat.

Karya:Annisa Fitrie Ayu Rizqianti 
MAHASISWA STIKES JENDERAL ACHMAD YANI- CIMAHI.
Posting Komentar